Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto dan Pj Bupati Maluku Tengah, Rakub Sahubawa menandatangani

Tekan Inflasi, Maluku Tengah MoU Perdagangan Bawang Merah dengan Kabupaten Probolinggo

Probolinggo – Selain meluncurkan layanan Lapor Kand4, Jumat sore (20/10/23), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo juga melakukan penandatanganan kerja sama di bidang perdagangan bawang merah dengan Pemkab Maluku Tengah. Diharapkan dengan perdagangan bawang merah ke Maluku Tengah ini dapat menurunkan angka inflasi.

Pj Bupati Maluku Tengah, Rakub Sahubawa mengatakan, permasalahan di Maluku Tengah yakni, tingginya inflasi yang penyebabnya salah satunya harga bawang merah yang cukup tinggi. Sehingga sesuai arahan Presiden RI, untuk menekan angka inflasi, Pemkab Maluku Tengah menjajaki kerja sama dengan Pemkab Probolinggo.

“Kerja sama tersebut yakni di bidang perdagangan, yang mana bawang merah produksi pertanian Kabupaten Probolinggo akan kami pasok ke Maluku Tengah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Dipilihnya Kabupaten Probolinggo untuk memasok bawang merah ini tak lepas dari Kabupaten Probolinggo yang merupakan daerah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Sehingga dari situlah Pemkab Maluku Tengah memilih Kabupaten Probolinggo untuk memasok bawang merah.

Selain itu diharapkan dengan adanya kerja sama ini, harga bawang merah di Kabupaten Maluku Tengah tidak jauh beda dengan harga bawang merah di Kabupaten Probolinggo.

“Nantinya untuk mengatasi biaya pengiriman yang membengkak karena jarak yang cukup jauh Pemkab Maluku Tengah akan memberi subsidi biaya transportasi pengiriman bawang merah. Sehingga bawang merah di Kabupaten Maluku Tengah bisa lebih murah,” katanya.

Kerjasama perdagangan antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Maluku Tengah ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU).

Sementara Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk sinergitas sesama pemerintah daerah yang mana untuk membantu menurunkan angka inflasi. Salah satunya bekerja sama dengan Pemjab Maluku Tengah.

Baca Juga  Pembuat Ijazah Palsu Kadir Diringkus Setelah 3 Bulan Buron

Selain itu nantinya dengan kerja sama ini Pemkab Probolinggo dapat mengirimkan bawang merah kepada pemerintah Kabupaten Maluku Tengah sesuai permintaan.

“Tak hanya itu, dengan kerja sama ini jika nantinya Kabupaten Probolinggo kekurangan, dan membutuhkan komoditas tertentu dan di Maluku Tengah komoditas ini banyak, maka Kabupaten Probolinggo juga dapat mendatangkannya,” katanya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Roy Jordi Sekarat Dianiaya Paman dan Sepupu, Ternyata Dipicu Persoalan ini

Probolinggo,- Kasus penganiayaan yang dilakukan bapak dan anak, Nur Hasan (74) dan Nurul Huda (19) …