DITUTUP: Puncak B29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, ditutup sementara imbas kebakaran hutan. (foto: Asmadi)

Kebakaran Hutan Kawasan TNBTS Meluas, Jalur B29 Ditutup

Lumajang,- Kebakaran hutan di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) makin meluas hingga ke B29. Alhasil, destinasi wisata Puncak B29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, ditutup sementara.

Sebagaimana diketahui, objek wisata ini terletak di bukit sisi tenggara kawasan wisata Gunung Bromo dan merupakan puncak tertinggi di kawasan itu dengan ketinggian sekitar 2.900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kepala Dinas Pariwisata Lumajang Yuli Harismawati mengatakan, penutupan sementara itu, dilakukan untuk menjaga keselamatan para pengunjung. Sehingga pihaknya menutup jalur maupun objek wisata negeri diatas awan tersebut.

“Langkah tersebut kami lakukan karena kebakaran hutan di kawasan TNBTS makin meluas maka kami menutup objek wisata B29 sejak tanggal satu (September) kemarin hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” kata Yuli, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (2/9/23).

Yuli mengatakan, berdasarkan pantauan tim di lapangan dan koordinasi dengan pihak terkait lainnya, kebakaran hutan di kawasan taman konservasi flora fauna itu semakin meluas hingga ke puncak P30 dan Blok Jantur.

Menurut Yuli, cuaca panas dan banyaknya ranting serta dahan kering dikawasan tersebut membuat api dengan cepat menjalar mengikuti arah angin yang berhembus sangat kencang.

“Api sudah mulai menjalar menuju kawasan wisata B29 yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro sehingga kami tutup objek wisata itu demi keselamatan pengunjung,” tegas dia.

Selain demi keselamatan pengunjung, penutupan wisata B29 dilakukan demi mempermudah proses pemadaman si jago merah. Saat ini, petugas gabungan masih berjibaku untuk memadamkan api di kawasan TNBTS.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak menyampaikan informasi terkait penutupan objek wisata B29 tersebut. Namun, kami belum bisa memastikan kapan dibuka kembali, melihat situasi dan kondisi kebakaran itu,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Nekad Nyalip, Remaja Dihantam Truk Tangki di Jalur Pantura Pasuruan

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …