KPU Tunggu LHKPN untuk Pleno PAW Dua Kader Nasdem yang Menyeberang ke Demokrat

Probolinggo – Pergantian Antar Waktu (PAW) dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Partai Nasdem yang menyeberang ke Partai Demokrat dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang, memasuki babak baru. Berkas PAW kedua legislator ini sudah masuk di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo.

Komisioner KPU setempat, Agus Hariyanto Andinata mengatakan, kedua legislator itu adalah Sugiyanto dari daerah pemilihan (Dapil) II yang meliputi Kecamatan Pakuniran, Paiton, dan Kotaanyar. Dan seorang lagi adalah Rizka Nur Fajria Umami yang berada dari Dapil I yang meliputi Kecamatan Kraksaan, Besuk, dan Gading yang juga merupakan istri dari Sugiyanto. Kedua berkas PAW keduanya sudah diterima pihaknya dari DPRD setempat.

“Sudah kami terima berkas PAW-nya, dan saat ini sedang meneliti berkas dari calon penggantinya,” katanya, Selasa (29/8/2023).

Ia menjelaskan, berdasarkan Pemilu 2019 lalu, calon pengganti Sugiyanto ialah Tis Atun Nur. Tis Atun Nur pada Pemilu 2019 lalu berhasil mendulang suara sebanyak 6.340, tepat berada di bawah Sugiyanto yang memperoleh 6.953 suara.

Sedangkan pengganti dari Rizka adalah Imam Suhrowardi. Imam sendiri merupakan mantan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2014-2019 yang pada Pemilu 2019 lalu memperoleh 7.904 suara.

“Suaranya (Imam Suhrowardi, Red.) berada di bawah Rizka pada Pemilu 2019 lalu yang berhasil memperoleh 8.878 suara,” terangnya.

Agus melanjutkan, untuk menilai kelayakan kedua calon pengganti tersebut, pihaknya saat ini sedang menunggu kelengkapan berkasnya. Pasalnya, hingga saat ini, kedua calon pengganti tersebut belum menyertakan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Untuk berkas-berkas yang lain sudah kami teliti dan sudah benar. Sekarang tinggal nunggu LHKPN-nya. Kalau cepat mengurus LHKPN-nya, insya Allah Kamis ini kami pleno untuk menentukan kelayakan keduanya menjadi anggota DPRD,” ujarnya.(*)

Baca Juga  Hari ke-13, Gerindra hingga PKB Daftarkan Caleg ke KPU Kab. Probolinggo

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …