Semalam, Terjadi Dua Kebakaran Lahan Ilalang di Lahan Pohon Jati

Probolinggo – Dua kejadian kebakaran lahan di lahan pohon jati terjadi di Kecamatan Kademangan dan Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Senin malam (3/07/23). Beruntung petugas pemadam yang tiba usai mendapat laporan berhasil dengan cepat memadamkan api hingga tak sampai membesar.

Kebakaran lahan di kebun pohon jati pertama berada di Jalan Brantas Kelurahan Pilang, Kecamatan Mayangan. Kebakaran ini pertama dilaporkan ke petugas pemadam kebakaran sekitar pukul 20.00.

Memdapat laporan, petugas kemudian menerjunkan dua unit mobil damkar ke lokasi. Saat tiba di lokasi, api sudah membakar ilalang yang mengering di lahan pohon jati, bahkan hampir mengenai area persawahan milik warga yang berada di selatan lokasi kebakaran.

“Setelah mendapat laporan, kamu kemudian mendatangi lokasi, yang mana, ilalang di lahan pohon jati sudah terbakar. Petugas kemudian melakukan pemadaman dan 20 menit kemudian, api berhasil dipadamkan,” ujar Komandan Regu 4, Damkar Pemkot Probolinggo, Nurul Purwanto.

Sekitar pukul 21.30, petugas damkar kembali mendapat laporan kebakaran lahan. Kali ini berlokasi di Jalan Cisadane, di Kelurahan Curahgrinting Kecamatan Kanigaran. Kebakaran lahan di lokasi kedua ini sama seperti lokasi pertama yakni ilalang yang berada di lahan pohon jati.

Tak butuh waktu lama, petugas damkar yang tiba kemudian melakukan pemadaman. Sekitar 15 menit kemudian api yang membakar lahan pohon jati tersebut berhasil dipadamkan. Selain area yang terbakar lebih kecil, juga karena api belum sampai membakar seluruh lahan.

“Dari dua lokasi ini, dugaannya memang sengaja dibakar karena objek kebakaran serta lokasi kedua kebakaran ini tak jauh. Kami mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan bakar-bakar sampah, karena saat ini Kota Probolinggo sedang musim Angin Gending,” kata Purwanto. (*)

Baca Juga  Motif Pembacokan di Legundi Masih ‘Gelap’

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Gunung Semeru Kian Rutin Erupsi, Warga Diminta Selalu Waspada

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi …