KPU Keluarkan SE Terkait Peniadaan Cuti Bersama Idul Adha

Probolinggo – Pemerintah Republik Indonesia memutuskan, libur Idul Adha tahun ini, jatuh pada Kamis (29/6/2023) besok. Sedangkan cuti bersama untuk hari raya kurban tersebut, jatuh pada sehari sebelum dan sesudahnya, atau pada Rabu dan Jumat-nya.

Meski sudah ada jadwal untuk libur dan cuti bersama Idul Adha, hal itu tidak berlaku bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU), tepatnya bagi jadwal libur cuti bersama. Pelaksanaan pemilu yang tak sampai setahun lagi, membuat KPU harus bekerja keras guna mempersiapkan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Aliwafa memgatakan, hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 8 tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi/komisi Independen Pemilihan Aceh Dan Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/kota.

“Saat yang lain libur, kami tidak libur. Sesuai dengan instruksi atau arahan dari KPU RI,” katanya, Rabu (28/6/2023).

Ia menyampaikan, melalui SE tersebut, penetapan pemerintah akan cuti bersama Idul Adha 2023 tidak berlaku baginya. Pihaknya, hanya memiliki jadwal libur sesuai dengan penetapan Hari Raya Idul Adha oleh pemerintah.

“Kami ikuti surat edaran KPU RI yang meniadakan cuti bersama. Jadi liburnya hanya pas Kamis (Idul Adha, Red.)-nya,” ujarnya.

Lebih detail Aliwafa juga menjelaskan, SE tersebut berlaku kepada seluruh pegawai yang ada di KPU. Mulai dari komisioner, staf, bahkan sampai penyelenggara KPU di tingkat desa.

“Tidak ada yang cuti. Semuanya siap, bahkan apabila pada saat Hari Raya Idul Adha ada pekerjaan dari KPU RI yang harus kita tuntaskan maka kami harus siap,” ucapnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Terjadi Konsleting Listrik, Gazebo Terbakar

Baca Juga

Angka Pengangguran di Kota Probolinggo Tahun 2024 Turun, Segini Jumlahnya

Probolinggo,- Angka pengangguran di Kota Probolinggo pada tahun 2024 turun dibandingkan dengan tahun 2023, yang …