Walikota menyaksikan penandatanganan komitmen tidak menggunakan kantong plastik oleh salah satu perwakilan toko retail.

Peringati HLH, Pemkot Kampanye ‘Beat Plastic Pollution’ hingga Sepakat Tinggalkan Kantong Plastik

Probolinggo – Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-Dunia, Pemkot Probolinggo, Jumat pagi (23/06/23) menggelar gowes dan kampanyekan pengurangan plastik. Diharapkan sosialisasi yang dilakukan Pemkot Probolinggo, ke depan masyarakat dapat menikmati lingkungan dengan tanpa sampah.

Kegiatan HLH ini diawali dengan gowes keliling kota. Sambil gowes, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, dan seluruh Kepala OPD mengkampanyekan tema HLH tahun ini “Beat Plastic Pollution”.

Salah satu rute gowes tersebut yakni meninjau salah satu pantai di Jalan Ikan Tongkol, Mayangan, yang sebelumnya dilakukan pembersihan (clean up) sampah. Namun beberapa bulan setelah acara tersebut, pantai tersebut tetap dipenuhi sampah yang didominasi plastik.

Selanjutnya acara digelar di Alun-alun Kota Probolinggo yang merupakan titik pusat acara HLH tahun 2023 ini. Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, dengan momen HLH ini menjadi tolok ukur Pemerintah Kota Probolinggo untuk ke depan serta menjadi komitmen bersama dengan sejumlah komunitas dalam penangan sampah di Kota Probolinggo.

“Dengan mengandeng komunitas ini, serta sosialisasi yang masif, masalah sampah khususnya sampah plastik dapat ditangani, sehingga kedepan tidak ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Selain itu, dalam acara HLH ini juga dilakukan penandatangan komitmen deklarasi antara Pemkot Probolinggo bersama tujuh toko retail modern untuk tidak menggunakan kantong plastik.

Nantinya para pembeli di toko retail ini harus membawa kantong sendiri, sehingga para konsumen ini membawa barang belanjaannya dengan kantong yang dibawanya.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada tujuh toko retail modern yang telah berkomitmen tidak menggunakan kantong plastik, sehingga ke depan sampah plastik dapat dikurangi,” ujar Habib Hadi.

Dengan bertepatan HLH ini, Walikota Probolinggo berharap sosialisasi dan edukasi yang terus dilakukan ini menjadikan warga untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Baca Juga  Polisi Bekuk Puluhan Pengedar Obat-obatan Terlarang

“Harapan kita dengan apa yang kita perbuat beserta kader-kader lingkungan ini, masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Sehingga, kita dapat menikmati alam ini dengan sejuk tanpa adanya sampah,” imbuhnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …