Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lumajang, Moch. Farhan.

Awasi Verifikasi Berkas Bacaleg, Bawaslu Lumajang Minta KPU ‘Tidak Main-main’

Lumajang,- Proses verifikasi administrasi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Kabupaten Lumajang, tidak hanya menguras energi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat pun, harus bekerja ekstra keras melakukan pengawasan. Hal itu disampaikan anggota Bawaslu Kabupaten Lumajang Divisi Penyelesaian Sengketa, Moch. Farhan, Selasa (13/6/2023).

Menurutnya, pengawasan tersebut dilakukan guna mencegah proses sengketa dalam Pemilu 2024. Meski sebelumnya telah dilakukan pengecekan, namun hingga saat ini masih belum final.

“Kalau pengecekan verifikasi berkas Bacaleg di KPU sudah selesai. Tapi, Kami akan terus melakukan pengecekan, sampai pada final nanti. Sebab, verifikasi bacaleg ini akan dilakukan pengecekan lagi di KPU,” katanya.

Menurutnya, Bacaleg di Lumajang sudah banyak yang mendaftar. Bahkan, jumlahnya ratusan dari 18 partai politik (parpol) berbeda.

Namun, saat ditanya berapa jumlah yang mendaftar, Farhan tidak memberikan data rinci. “Soal jumlah yang mendaftar, jumlahnya ratusan,” elaknya singkat.

Farhan menyampaikan, hingga saat ini, belum ada kendala berarti terkait berkas pendaftaran para Bacaleg. Namun, pihaknya meminta KPU supaya tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku.

“Kami minta supaya KPU mentaati peraturan yang berlaku. Kita (Bawaslu) akan terus melakukan pengawasan yang ketat ke KPU mulai awal proses vermin berkas bacaleg hingga selesai,” pungkas dia. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  PKB dan Golkar Terbanyak Langgar APK-BK

Baca Juga

Ketua Gerindra jadi Politisi Pertama Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacawali Probolinggo via Nasdem

Probolinggo,- Ketua DPC Partai Gerindra Kota Probolinggo, dr Aminuddin, Minggu siang (5/5/24), mengembalikan formulir pendaftaran …