Foto: Istimewa

Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkab Probolinggo Monev Kehadiran ASN

Probolinggo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan monitoring dan evaluasi (monev) masuk kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan di lingkungan Pemkab setempat. Monev tersebut langsung dilakukan pada hari pertama kerja pasca libur dan cuti lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah, Rabu (26/4/2023).

Monev tersebut beranggotakan tim dari Asisten, Inspektorat, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Satgas Bus Patas, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, yang kemudian terbagi dalam enam tim.

Tim pertama dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan setempat Ahmad Hasyim Ashari, sasarannya ialah seluruh OPD yang ada di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo dan Kecamatan Kraksaan. Tim kedua dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum setempat, dr. Mansur, sasaran ialah Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Tim ketiga dipimpin oleh Kepala BKPSDM setempat Hudan Syarifuddin dengan sasaran Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Inspektorat. Tim keempat dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat setempat, Heri Sulistyanto, sasarannya Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpatu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), kantor Kecamatan Dringu, serta Puskesmas Dringu.

Kemudian tim kelima dipimpin Ketua Satgas Bus Patas Agus Mukson, sasarannya Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), Dinas Pertanian (Disperta) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dan terakhir tim keenam dipimpin Inspektur Tutug Edi Utomo, sasarannya Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP), dan Dinas Sosial (Dinsos).

Baca Juga  116 SD Minim Siswa Terancam Tak Bisa Cairkan Dana BOS

“Berdasarkan hasil pengecekan setelah mengisi absensi, tingkat kehadiran teman-teman ASN ini sangat tinggi. Ketidakhadirannya itu karena cuti, sakit, dan izin karena dalam perjalanan ada masalah. Semuanya ada keterangan, tidak ada yang tanpa keterangan,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan setempat Ahmad Hasyim Ashari.

Lebih rinci, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan, tingkat kehadiran ASN di lingkungan pemkab setempat pada hari pertama kerja pasca libur lebaran ini mencapai 97,97 persen. Dari total 3.450 orang ASN yang ada, sebanyak 3.380 ASN sudah aktif bekerja, hanya 70 orang yang belum masuk kerja dengan keterangan cuti 20 orang, sakit 30 orang, dan izin 20 orang.

“Kami selalu mengingatkan bahwa tanggal 26 April 2023 atua haru ini, ASN harus masuk, baik itu melalui surat atau pun imbauan kepada masing-masing Kepala OPD,” ucapnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …