PADAT KARYA: Proses perbaikan jalan yang menggunakan skema padat karya. (foto: FB Cak Thoriq)

Lewat Program Padat Karya, Pulihkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Penyintas Semeru

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang terus menggenjot serapan program Padat Karya guna membuka lapangan pekerjaan serta mempertahankan daya beli masyarakat.

Hal tersebut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di jalan Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Akses menuju hunian relokasi korban erupsi Semeru itu alami kerusakan parah.

“Pekerjaan perbaikan jalan di Sumbermujur arah hunian relokasi sudah mulai dikerjakan dengan pola padat karya,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Senin ( 3/4/2023).

Menurutnya, program itu digenjot untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama bagi para penyintas erupsi Gunung Semeru. Sebab, lahan pertanian yang menjadi mata pencaharian masyarakat lereng Gunung Semeru, sudah tertutup pasir vulkanis erupsi semeru.

“Program padat karya ini merupakan kegiatan pembangunan yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia apabila dibandingkan dengan tenaga mesin,” ia menambahkan.

Thoriq menyampaikan, dirinya memilih skema padat karya supaya masyarakat sekitar seperti penyintas erupsi Semeru dapat terlibat secara langsung dalam pekerjaan perbaikan jalan.

Thoriq berharap, dengan adanya program padat karya ini, masyarakat bisa memperoleh penghasilan dan mendapatkan manfaatnya dari program tersebut.

“Pekerjanya dari masyarakat yang ada di hunian relokasi dan Sumbermujur, Insha-Allah sebelum hari raya sudah selesai,” pungkasnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Puluhan Hektar Lahan Tembakau di Lumajang Terendam Banjir, Petani Pasrah

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …