PEMBERSIHAN: Alat berat diterjunkan ke lokasi longsor di Desa Wonokitri, Kec. Tosari. (foto: Moh. Rois).

Dua Alat Berat Diterjunkan Bersihkan Material Longsor di Tosari

Pasuruan,- Material longsor masih menutupi jalan desa dan teras rumah warga di Dusun Sanggar, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Senin (6/7/2023) pagi, sejumlah warga pun bergotong royong guna membersihkan sisa material tebing pondasi penahan tanah yang longsor dan menimpa 4 rumah warga.

Warga sekitar kesulitan membersihkan material bongkahan batu-batu besar pondasi tebing. Sebab material longsor tersebut berukuran besar dengan volume yang cukup banyak.

Alhasil, dua alat berat pun diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pembersihan. Material dibersihkan supaya pondasi yang masih berada di atas tidak ikut jatuh ke bawah.

“Kesulitan memindahkan material longsor karena batu-batunya besar. Ini dari Dinas Perkim (Perumahan dan Kawasan Permukiman, red) menerjunkan dua alat berat,” ujar Camat Tosari, Hendi Candra Wijaya.

Diketahui, 4 rumah di area di Dusun Sanggar RT 02 RW 04, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan rusak akibat tanah longsor, Minggu (5/3/2023) sore.

Penyebab longsornya pondasi tembok penahan tebing diakibatkan intensitas hujan tinggu sehingga resapan masuk ke tanah dan pondasi tidak kuat menahan resapan air masuk dan menyebabkan longsor. (*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Diguyur Hujan 8 Jam, Gedung Sekolah di Sentul Probolingggo Ambruk

Baca Juga

Usai Lahar Hujan, Kini Gunung Semeru Muntahkan Material Vulkanik Hampir Satu Kilometer

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi dengan melontarkan abu vulkanik hingga 1 kilometer …