Foto hiu tutul saat sedang muncul di perairan Probolinggo.

Hiu Tutul Muncul Lagi, Satpolairud Minta Warga Tak Mengganggu

Probolinggo – Sejak sekitar dua pekan lalu, kawanan hiu tutul (Whale Shark) muncul di perairan laut Probolinggo. Terkait hiu tutul yang muncul setiap tahun saat musim penghujan, Satpolairud Polres Probolinggo mengimbau, warga dan nelayan tidak menganggu ikan tersebut.

Hiu tutul atau hiu paus ini pertama kali muncul di perairan Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI), tepatnya sekitar 100 meter dari lokasi warga kum-kum (berendam). Tak hany terlihat di lokasi tersebut, hiu tutul ini juga terlihat di pelabuhan baru yang dikelola PT Duta Artha Bahari Nusantara (DABN).

“Dari informasi yang kami dapat, hiu tutul ini sudah terlihat sejak dua minggu yang lalu, yang mana hiu tutul ini paling banyak terlihat saat pagi hari,” ujar Kasat Polairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno, Selasa (28/2/2023).

Dengan munculnya hiu tutul yang diperkirakan datang ke perairan Probolinggo untuk mencari makan ini menjadi daya tarik sendiri. Baik bagi warga yang datang ke pelabuhan, maupun nelayan yang sedang mencari ikan.

Selain mencari makanan berupa plankton yang saat ini sedang banyak di perairan Probolinggo, hiu tutul ini datang keperairan Probolinggo ini untuk migrasi mencari perairan yang hanyat. Sehingga kemunculan hiu tutul ini pagi hingga siang.

“Dengan munculnya hiu tutul ini, saya mengimbau kepada seluruh warga yang sedang melaut untuk tidak menganggu hewan ini. Kemunculan hiu tutul ini dapat menjadi daya tarik warga atau pun wisatawan,” imbuh kasatpolairud.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Korban Meninggal Akibat Kebakaran di Gending jadi 3 Orang

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …