TERDAMPAK: Salah satu perajin gerabah di Desa Alaskandang, Besuk, Probolinggo. (foto Ainul Jannah)

Hujan Terus Menerus, Perajin Gerabah-Bata Kehilangan Penghasilan

Besuk,- Musim hujan berkepanjangan berdampak buruk bagi pera perajin gerabah dan batu bata di Kabupaten Probolinggo. Sebab, produktifitas perajin menuju lantaran terkendala cuaca.

Perajin gerabah asal Desa Alas Kandang, Kecamatan Besuk, Wahidin (67) mengatakan, ia kesulitan memenuhi pesanan pasar akibat cuaca saat ini yang tak menentu.

Bahkan banyak pesanan dibatalkan lantaran pelanggan tak sabar menunggu gerabah selesai diproduksi. Alhasil, penghasilannya merosot akibat banyak pesanan dibatalkan.

“Pesanan banyak, tapi saya belum bisa mencukupi karena sering hujan. Sampai pelanggan saya beli gerabah ke orang lain,” kata Wahidin, Sabtu (28/1/23).

Menurutnya, sejak tahun 2022 akhir hingga tahun 2023 ini, cuaca ekstrim nyaris selalu terjadi di daerahnya. “Akhirnya saya memilih tidak produksi gerabah karena cuaca tak bersahabat,” keluhnya.

Sementara itu, perajin batu bata di Desa Sumberkatimoho, Kecamatan Krejengan, Muhid (47), mengaku kelimpungan dengan kondisi cuaca saat ini. Sebab mata pencahariannya sangat terdampak.

“Kewalahan proses lama, pesanan mengurang, pastinya berdampak ke penghasilan saya setiap harinya. Sudah sepi ditambah hujan terus seperti ini,” curhatnya.

“Terakhir saya dapat pesanan itu Rabu pekan lalu. Untungnya saat itu masih ada terik matahari selama dua hari, itu pun saya telat produksinya,” imbuh dia. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Masuk Kemarau, 4 Desa di Kabupaten Probolinggo Butuh Tandon Air

Baca Juga

Budidaya Kambing Ras Senduro Lumajang, Hobi yang jadi Bisnis Menggiurkan

Lumajang,- Kawasan lereng Semeru Lumajang, tak hanya memiliki kekayaan alam melimpah. Disamping itu, juga memiliki …