Kalaksa tunjukkan radar citra satelit di pusdalops BPBD Kota.

Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan di Jatim, BPBD Ingatkan Warga Waspada

Probolinggo – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo mengeluarkan rilis waspada potensi cuaca ekstrem di Jawa Timur. Terkait cuaca ekstrem ini, Bada Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo mengimbau warga untuk selalu bersih-bersih lingkungan serta selalu waspada.

Dalam rilisnya BMKG menyebut, adanya pola tekanan rendah di Australia bagian barat yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi / pertemuan angin di wilayah Jawa Timur sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konveksi.

Selain itu, aktifnya La Nina, Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin dapat mengakibatkan potensi cuaca ekstrem di Jawa Timur, yang mengakibatkan bencana hidrometeorologi.

“Jadi sesuai rilis BMKG, cuaca ekstrem yang terjadi di Jawa Timur ini mulai 27 Januari hingga 2 Februari 2023. Cuaca tersebut akan melanda hampir seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk Kota Probolinggo,” ujar Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo, Sabtu (28/1/2023).

Dari citra satelit BMKG Pusdalops BPBD Kota Probolinggo, diprediksi potensi hujan yang mengguyur Kota Probolinggo akan terjadi siang sampai sore dengan intensitas mulai ringan hingga deras.

Selain itu, jika dilihat hingga akhir bulan Januari masih terjadi hujan, maka musim hujan masih akan terjadi di bulan Februari, di mana di bulan Februari sudah masuk musim peralihan dari hujan ke kemarau.

“Terkait hal ini, kami tak henti-hentinya mengimbau warga Kota Probolinggo untuk selalu jaga kebersihan. Selain itu selalu waspada jika melakukan aktivitas di luar rumah serta jaga kesehatan karena di musim peralihan banyak muncul penyakit,” imbuh Sugito. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kali Popok Bersih, Papan Larangan Dipasang

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …