Kawasan Wisata Alun-alun Kota Pasuruan Punya Pemandu, Wisawatan Dijamin Betah

Pasuruan,- Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan mulai memanfaatkan Gedung Tourism Information Center (TIC) yang terletak di kawasan alun-alun.

Gedung TIC merupakan bagian dari pelayanan publik untuk menunjang sektor pariwisata yang dikelola Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan.

Selain sebagai media promosi wisata, TIC ini juga dimanfaatkan untuk memberikan edukasi pariwisata. Sebanyak 18 pemandu wisata juga disiapkan di TIC.

Belasan pemandu tersebut dibagi dalam berbagai tugas seperti koordinator buka-tutup payung madinah, mencari data asal dan jumlah wisatawan setiap hari hingga memberikan informasi sekaligus mengarahkan pengunjung ke sejumlah lokasi.

“Belasan pemandu ini bekerja mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WIB, terbagi dalam dua sift. Mereka menyebar di kawasan alun-alun,” kata Koordinator TIC Kota Pasuruan, Reny Dwi Kusyandani.

Para pemandu ini nantinya akan memberikan berbagai informasi kepada wisatawan maupun peziarah mulai wisata sejarah hingga kuliner dan siap mengantarkan ke lokasi yang ingin dituju.

“Jadi setelah ziarah ke makam KHm Abdul Hamid, bisa ke makam Mbah Slagah kemudian bisa ke Gedung Harmonie dan bangunan peninggalan sejarah lain,” jelas Reny.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, imbuhnya, para wisatawan juga bisa datang langsung ke gedung TIC yang berada dekat menara air, kawasan alun-alun sisi utara.

“Kalau mau informasi wisata lebih lengkap, datang, langsung saja datang ke gedung TIC,” pungkasnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Tragis! Wanita di Pasuruan Terpanggang saat Warung yang Dijaganya Terbakar

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …