Enggan Ngemis ke Pemerintah Warga Krucil Swadaya Perbaiki Jembatan

Krucil,- Masyarakat Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo melakukan perbaikan jembatan penghubung antar Desa Kalianan – Watu Panjang secara swadaya, Kamis (12/1/23).

Salah seorang sopir truk, Mohamad Fajar (28) mengatakan, perbaikan tersebut dilakukan secara swadaya masyarakat, baik tenaga maupun biaya perbaikan. Selain masyarakat sekitar, komunitas sopir truk yang biasa melintasi jalan tersebut juga turun tangan.

“Kalau dibiarkan begini terus, kami yang biasa lewat sini dengan truk kesulitan saat muat kayu atau kelapa. Kalau nunggu (perbaikan) dari pemerintah kan tidak pasti,” ujarnya.

Fajar mengatakan, sekitar 11 orang warga setempat yang ikut membantu proses perbaikan jembatan yang memiliki lebar sekitar 4 meter dengan panjang sekitar 15 meter itu. Selain itu, mereka juga menyumbangkan uang, kayu, dan bahan material lainnya.

“Memang murni dari kesadaran kita sendiri, jadi kita iuran seadanya. Ada yang nyumbang kayu, semen, ada yang kasih uang juga, warga ang melintas ada yang nyumbang juga,” ungkap dia.

Warga setempat, Imam Syafi’i (34) menyampaikan, jembatan semi permanen itu sudah lama rusak dan tak kunjung diperbaiki. Akhirnya masyarakat setempat berinisiatif untuk memperbaiki jembatan secara swadaya.

“Ini sudah lama rusaknya. Tapi tidak ada yang perbaiki kalau dibiarkan begini terus ya kasihan warga yang melintas apalagi kalau hujan, sangat membahayakan,” curhat Imam. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Masuk Panen Raya Padi, Pemkab Probolinggo Yakin Dapat Tekan Inflasi

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …