Menu

Mode Gelap
Kantor Baru Bawaslu Kota Probolinggo Segera Direnovasi dan Ditempati Mau Kuliah S-2 Pendidikan Agama Islam? di UNZAH Genggong Aja Jos! Jumlah Penduduk Miskin di Lumajang Turun Hingga 8,65 Persen Tak Anti Kritik, Gus Haris – Ra Fahmi Buka Dialog Forum Publik, Ribuan Jamaah Curhat Akar Rumput Desak DPP PDI-P Berikan Rekomendasi Pilkada Probolinggo ke Cakada yang Diterima Masyarakat Pecah Kongsi dengan Cak Thoriq di Pilkada Lumajang, Bunda Indah Beberkan Alasannya

Politik · 11 Jan 2023 10:42 WIB

Hasil Survei Elektabilitas Gus Haris Diragukan, LSI: itu Produk Ilmiah


					Dewan Pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH).Genggong Pajarakan Probolinggo, KH. dr. Muhammad Haris Damanhuri Romly atau Gus Haris. (foto: Dok pribadi) Perbesar

Dewan Pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH).Genggong Pajarakan Probolinggo, KH. dr. Muhammad Haris Damanhuri Romly atau Gus Haris. (foto: Dok pribadi)

Probolinggo,- Pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Gus Muhammad Haris (Gus Haris) menjadi calon bupati dengan elektabilitas paling tinggi di Kabupaten Probolinggo. Temuan itu terkuak berdasarkan survei yang dilakukan lembaga survei politik dan opini publik, Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA), mendekati akhir tahun 2022 lalu.

Dalam survei tertutup 9 calon bupati yang diprediksi bakal maju dalam pilkada Kabupaten Probolinggo tahun 2024, elektabilitas Gus Haris paling tinggi dengan angka 23,6 persen. Disusul Mahdi di peringkat kedua dengan 10,0 persen dan Abd. Malik Haramain di posisi ketiga dengan angka 9,8 persen.

Pro-kontra seketika menyeruak ketika hasil rilis disampaikan ke publik melalui media massa. Ada yang gembira, nyinyir, santai, namun tak jarang sejumlah pihak meragukan validitas data, bahkan membuat dan menyebarkan hasil survei rekayasa sebagai tandingan kemudian disebar via media sosial (medsos).

Koordinator LSI Denny JA Jawa Timur, Imam Fauzi mengatakan, skeptis dalam menyikapi hasil survei merupakan hal yang wajar. Pihak-pihak yang meragukan hasil survei, menurutnya, adalah mereka yangg kebetulan posisinya berdasarkan hasil survei, kurang menarik atau jauh dari ekspektasinya.

“Satu hal yang perlu kami sampaikan adalah bahwa setiap survei yang kami lakukan adalah produk ilmiah yang sangat bisa dipertangung jawabkan, ada kaidah-kaidah didalamnya. Artinya bukan asal apalagi sampai dikatakan hanya segelitir orang dalam lingkup terdekat, tentu itu salah besar,” kata Imam, Rabu (11/1/23).

“Kami menyangkan jika perspektif seperti itu justru disampaikan oleh seorang politisi yang seharusnya lebih paham dan mengerti kaidah ilmiah dalam penarikan sampling survei,” tambahnya.

Imam menyebut, pihaknya sangat ketat dalam hal survei, mulai dari breakdown penarikan sampling sampai pada penyajian data. Data hasil survei sudah terlebih dahulu dilakukan validasi dan verifikasi yang cukup ketat.

“Sehingga data hasil akhir yang kami sajikan tentu sangat bisa dipertanggung jawabkan, tidak terkecuali survei yang kami lakukan di Kabupaten Probolinggo,” sanggahnya.

Hasil survei yang menunjukan Gus Haris dengan pencapaian 23.6 persen, sambungnya, adalah hasil faktual temuan di lapangan dengan tingkat kepercayaan 95 persen dari margin of error 4.8 persen.

“Artinya, hasil tersebut secara ilmiah bisa diyakini bahwa tingkat kesesuaian hasil di lapangan adalah 95 persen,” tandas Imam menegaskan.

Sejak tahun 2004 hingga saat ini, LSI Denny JA sudah lebih 600 kali melakukan survei di seluruh Indonesia dengan pendekatan penarikan sample secara Multi Stage Random Sampling. “Dimana hasilnya selama ini cukup akurat dan presisi,” Imam memungkasi. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kantor Baru Bawaslu Kota Probolinggo Segera Direnovasi dan Ditempati

27 Juli 2024 - 16:02 WIB

Tak Anti Kritik, Gus Haris – Ra Fahmi Buka Dialog Forum Publik, Ribuan Jamaah Curhat

27 Juli 2024 - 11:46 WIB

Akar Rumput Desak DPP PDI-P Berikan Rekomendasi Pilkada Probolinggo ke Cakada yang Diterima Masyarakat

27 Juli 2024 - 09:41 WIB

Pecah Kongsi dengan Cak Thoriq di Pilkada Lumajang, Bunda Indah Beberkan Alasannya

26 Juli 2024 - 22:44 WIB

Laporan LHKPN Tuntas, 30 Caleg Terpilih di Kota Probolinggo Siap Dilantik

25 Juli 2024 - 18:43 WIB

Trending di Politik