Saat Bocah-bocah di Lereng Gunung Semeru Dikenalkan dengan Mitigasi Bencana

Lumajang,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menggencarkan sosialisasi mitigasi bencana alam bagi warga di lereng Gunung Semeru.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Lumajang. Tujuannya, agar dampak resikonya terus berkurang.

Kasubid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang, Amni Najmi menyampaikan, selain orang dewasa, anak-anak juga perlu dikenalkan dengan potensi bencana yang bisa terjadi di sekeliling mereka.

Menurutnya, hal tersebut penting, karena bencana bisa saja terjadi kapanpun, dimanapun mereka berada. Jika sudah dikenalkannya dengan potensi bencana, anak-anak diharapkan nantinya mampu melakukan tindakan evakuasi secara mandiri.

“Seperti gempa bumi, anak anak tahu bagaimana cara untuk melarikan diri, mengevakuasi diri. Paling tidak saat orang tua tidak berada di dekat anak-anak, mereka bisa evakuasi secara mandiri,” kata Amni saat memberikan sosialiasasi bencana untuk anak-anak yang tinggal di Hunian Sementara (Huntara) Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kmais (22/12/22).

Sosialisasi yang dilakukan kali ini terbilang unik. Sebab BPBD Lumajang menggunakan alat peraga yang disenangi anak-anak. Mereka juga diputarkan video animasi untuk lebih mudah menangkap materi yang disampaikan.

“Kita gunakan media yang mudah dipahami oleh anak-anak, melalui pemutaran film animasi kebencanaan. Kemudian kita kenalkan potensi gempa bumi dan cara untuk menghindarinya,” urai dia.

Tidak hanya peserta didik, para orang tua pun turut mendapatkan informasi terkait kebencanaan. Hal itu dilakukan mengingat di Kabupaten Lumajang dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi berbagai macam bencana seperti gempa bumi, banjir hingga erupsi gunung berapi.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada anak-anak usia dini dan para orang tua agar dapat memahami apa itu bencana dan cara menghindarinya,” Amni memungkasi. (*)

Baca Juga  Sekolah Dasar Pesisir Jember Dibiarkan Rusak Selama Setahun

Editor: Efendi Muhamad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …