Tebing Setinggi 10 Meter di Sariwani Longsor, 4 Rumah Rusak

Probolinggo – Empat rumah di Dusun Gerong, Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo rusak akibat tertimpa tanah longsor, Senin pagi (28/11/2022). Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban, hanya saja kerugian material mencapai ratusan juta.

Informasi yang di himpun PANTURA7.com, tanah longsor ini terjadi sekitar pukul 04.00. Tebing di belakang rumah warga ini longsor. Akibatnya, empat rumah milik Tukit, Suyitno, Seger, serta Suwasit rusak.

Rumah Suyitno paling parah kerusakannya, di mana, hampir separo rumahnya rusak, dan kemasukan material tebing yang longsor.

“Sebelum longsor terjadi, terdengar suara gemuruh. Saya dan keluarga kemudian keluar rumah, ternyata tebing di belakang rumah longsor dan merusak rumah,” ujar Suyitno.

Kejadian tanah longsor itu kemudian dilaporkan ke petugas terkait. Tidak lama kemudian petugas gabungan dari BPBD, Tagana, dan TNI dan Polri tiba. Mereka langsung melakukan pembersihan rumah.

Material longsor dengan ketinggian tebing 10 meter serta panjang longsor 30 meter merusak empat rumah. Petugas gabungan pada hari ini fokus mengevakuasi barang berharga di empat rumah tersebut.

Bati Komsos Koramil Sukapura, Pelda Dodik mengatakan, setelah mendapat laporan, petugas gabungan langsung mendatangi, kemudian menyelamatkan, dan memastikan keselamatan pemilik rumah, serta barang berharga yang bisa diselamatkan.

“Selain itu kami juga melakukan pemetaan di sekitar lokasi tebing yang rawan longsor. Karena material longsor terlalu banyak, maka petugas gabungan akan membersihkan material longsor lebih dulu,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Pria di Bantaran Dilempar Mercon Saat Hendak Salat Subuh, Tangan-kaki Terluka

Baca Juga

Dua Hari, Gunung Semeru Alami Erupsi Sebanyak 65 Kali

Lumajang,- Selama 2 hari terakhir, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, mengalami 65 kali erupsi. Terbaru, …