Ada Layanan Keimigrasian, Warga Lumajang Kini Tidak Perlu Keluar Kota untuk Buat Paspor

Lumajang,- Masyarakat Kabupaten Lumajang yang hendak membuat visa dan paspor, tidak perlu lagi keluar kota. Sebab di kota pisang itu, layanan pembuatan dokumen perjalanan keluar negeri sudah bisa dilakukan.

Ya, layanan pembuatan visa dan paspor bakal tersedia di gedung Mal Pelayanan Publik (MPP), yang diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, selama ini warga Lumajang harus mengurus ke kantor Imigrasi di Surabaya atau Malang jika ingin membuat paspor atau visa.

Kini, dokumen keimigrasian sudah bisa dilakukan warga Lumajang di daerahnya sendiri. Hanya saja, layanan dari kantor Imigrasi ini nanti jadwalnya tidak berlaku setiap hari seperti layanan-layanan lain di MPP.

“Layanan ini dalam bentuk mobile, jadi mobil dari pihak Imigrasi datang kemari keliling pada waktu tertentu sesuai permintaan. Misalnya, seminggu sekali atau dua kali,” jelas Wabup Indah, Senin (10/10/2022).

Oleh karena itu, Indah menambahkan, pihaknya bakal mengumumkan kepada masyarakat apabila jadwal layanan dari pihak Imigrasi sedang tersedia di MPP.

“Nanti, jadwalnya akan kita sampaikan kepada masyarakat, ada mobile pelayanan untuk imigrasi,” imbuhnya.

Dengan adanya layanan baru ini, Indah berharap, dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen-dokumen keimigrasian.

Utamanya bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan je luar negeri untuk kepentingan bekerja. “Ataupun untuk menunaikan ibadah haji dan umroh,” ungkap dia.

Beberapa waktu lalu, MPP Kabupaten Lumajang diresmikan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Di sentra pelayanan terpadu itu, terdapat 128 unit pelayanan dari 17 gerai instansi. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainullah FT

Baca Juga  Melihat Potret Pemukiman Kumuh di Kota Probolinggo

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …