Sehari, Longsor Terjang 3 Tebing di Lereng Bromo

Probolinggo – Tidak hanya di Dusun Puncaksari, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, longsor juga terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo yakni, di Sukapura dan Sumber. Yang jelas, peristiwa tanah longsor di tiga kecamatan terpisah itu terjadi Selasa (4/10/2022) kemarin akibat guyuran hujan deras di kawasan Pegunungan Bromo.

Terinci, tiga lokasi yang dilanda tanah longsor adalah, badan jalan di Dusun Puncaksari, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang. Juga di jalan menuju Dusun Jurangperahu, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura dan di Dusun Ledoksari, Desa Wonokero, Kecamatan Sumber.

“Jadi pada hari Selasa kemarin ada tiga kejadian longsor, untuk yang di Kecamatan Sumber longsor mengenai bagian belakang rumah milik warga. Yang terparah di Kecamatan Lumbang, yang mana jalan desa sepanjang sekitar 25 meter longsor,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga, Rabu (5/10/2022).

Di Kecamatan Sumber longsor terjadi sekitar pukul 17.00, yang mana sebelum longsor, daerah tersebut diguyur hujan sejak pukul 14.00. Tanah longsor menimpa bagian belakang rumah Suhariyono (45).

Akibatnya, tembok belakang rumahnya roboh dan dua kasur, serta lemari pakaian rusak. Suhariyono mengaku, mengalami kerugian sekitar Rp20 juta.

Sedangkan di Kecamatan Lumbang, longsor terjadi sekitat pukul 16.00. Berawal dari hujan deras sejak pukul 11.30. Akibatnya, jalan desa dari beton sepanjang 25 meter longsor dan akses warga jadi terganggu.

“Untuk yang di Dusun Jurangperahu, hanya longsoran kecil dan sudah dievakuasi. Selain itu, hari ini, baik warga dan petugas gabungan TNI, Polrim, dan BPBD sudah mendatangi dua lokasi longsor dan sudah melakukan kerja bakti, salah satunya pembersihan material,” imbuh Sugeng. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Pemkot Tambah Dua Paket Jalur Sepeda di Jalan Protokol

Baca Juga

Usai Lahar Hujan, Kini Gunung Semeru Muntahkan Material Vulkanik Hampir Satu Kilometer

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi dengan melontarkan abu vulkanik hingga 1 kilometer …