BMKG Prediksi Dua Hari ke Depan Jatim Diguyur Hujan

Probolinggo – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca yang terjadi di Jawa Timur. Dari prakiraan tersebut, Sabtu-Minggu (3-4/9/2022) akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga berat.

Prakiraan BMKG didasari sejumlah faktor yang mengakibatkan terjadinya hujan pada dua hari tersebut. Yakni, kondisi angin pada lapisan 3.000 feet di wilayah Jawa Timur secara umum bertiup dari tenggara.

“Dari rilis tersebut, prakiraan terjadi hujan pada sore hari dengan intensitas hujan ringan, dan ini terjadi di wilayah Jawa Timur,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo, Jumat (2/9/2022).

Di sisi lain, sejak terjadi Angin Gending, BPBD Kota Probolinggo menangani sejumlah kasus bencana alam seperti, pohon tumbang. Namun hingga saat ini, BPBD Kota sendiri hanya menangani relatif sedikit pohon tumbang.

Hal ini tak lepas dari upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, yang melakukan pemangkasan pohon di sejumlah wilayah di Kota Probolinggo.

“Imbauan kami kepada masyarakat tetap, yang mana selalu waspada jika terjadi hujan, selain itu, selalu menjaga kebersihan, baik saluran air, hingga selalu memangkas pohon di sekitar rumah yang terlalu tinggi, untuk mengantisipasi roboh jika terjadi angin kencang,” imbuhnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Belum Ada Kasus PMK, DPKPP Kota Probolinggo Lakukan Survei

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …