25 ABK Selamat, Kebakaran Kapal Bisa Dipadamkan 

Paiton, – Kebakaran Kapal Motor (KM) Lautan Papua Indah milik PT. Wogikel Papua Jaya yang terbakar, saat menuju Arafura, Selasa siang (12/7/2022) akhirnya bisa dipadamkan Polairud Polres Probolinggo.

Kasat Polairud, AKP Slamet Prayitno mengatakan, begitu mendapat laporan ada kapal terbakar langsung mengerahkan jajarannya mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tujuannya, untuk mengevakuasi anak buah kapal (ABK) dan memadamkan api.

“Menurut saksi kejadian yang kami mintai keterangan, terdengar suara ledakan dari arah kamar mesin dan kemudian terjadi kebakaran. Informasi dari penjaga kamar mesin ledakan berasal dari ruang mesin, untuk pemicu lebih jelasnya masih belum bisa kami ungkap, saat ini masih proses penyelidilan,” ucapnya saat ditemui di lokasi.

Lebih lanjut Prayitno menjelaskan, pihaknya melakukan evakuasi 25 AKB besama jajaran Dinas Perikanan dan TNI AL sejak Selasa siang. Setelah beberapa jam kemudian, kobaran api berhasil dipadamkan.

“Kami dengan pihak bersangkutan menuju ke TKP untuk memadamkan kapal yang terbakar. Kami berhasil memadamkan api sekitar pukul 16.15 WIB,” ujarnya.

“Kemudian selang beberapa lama kapal itu terbakar kembali, kami pun menuju ke lokasi lagi, dan berhasil memadamkan api lagi. Kami juga melakukan pengamanan di sekitar perairan agar kapal-kapal lainnya tidak mendekat ke lokasi kebakaran tersebut,” paparnya.

Slamet menambahkan, proses pemulangan korban yang saat ini diamankan di Pos Keamanan Kelautan dan Perikanan Terpadu Paiton, Kabupaten Probolinggo, dilakukan setelah mereka dinyatakan sehat oleh pihak medis.

“Sebanyak 25 ABK semuanya selamat dan tidak ada yang mengalami luka bakar ataupun luka lainnya. Dan akan kami pulangkan ke tempat tinggalnya masing-masing setelah dinyatakan sehat oleh tim medis yang memeriksanya saat ini,” katanya. (*) 

Baca Juga  2023, DPRD Akan Bahas 17 Propemperda

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …