Pabrik Kayu di Kota Pasuruan Terbakar, Kerugian Rp800 Juta

Pasuruan,- Kebakaran terjadi di pabrik kayu PT. Hasil Alam Indo Indah (HAII), Jalan A.Yani Nomor 73, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Rabu (39/6/2022) pagi.

Informasi yang diperoleh, api mulai muncul dari instalasi cerobong asap pabrik kayu tersebut, sekitar pukul 08.35 WIB. Kobaran api makin membesar lantaran menyambar serbuk-serbuk kayu kering yang berada dalam cerobong.

Kapolsek Gadingrejo, AKP Tri Bowo mengatakan, kebakaran diduga berasal dari percikan api akibat gesekan serbuk-serbuk kayu pada mesin blower.

“Kebakaran berasal dari gesekan serbuk kayu di mesin yang menyebabkan panas dan muncul api,” ujar Tri Bowo kepada wartawan.

Untuk mengatasi kobaran api hingga padam membutuhkan tiga unit mobil damkar Kota Pasuruan dan satu unit mobil damkar milik Kabupaten Pasuruan, yang diturunkan ke lokasi.

Sementara itu, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Samsul Hadi menyebut, banyaknya material serbuk kayu didalam cerobong membuat kobaran api sulit dipadamkan.

“Kurang lebih dua jam api baru bisa dipadamkan oleh petugas,” Samsul menjelaskan.

Dikatakan Samsul, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun kerugian materiiil akibat kebakaran, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Korban jiwa tidak ada, hanya kerugian materiil mesin dan cerobong yang rusak. Kerugian, ditaksir sekitar Rp 800 juta, ” pungkasnya. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Gagal Nyalip, Pelajar di Kotaanyar Tertabrak Dump Truk

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …