RUSAK: Kondisi jalan akibat diterjang banjir rob, (Foto: Hafiz Rozani).

Banjir Rob- Gelombang Tinggi Terjang Pelabuhan Perikanan

Probolinggo – Tidak hanya melanda wilayah Kabupaten Probolinggo, banjir rob yang disertai gelombang tinggi juga menerjang wilayah Kota Probolinggo. Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo misalnya, diterjang banjir rob disertai gelombang tinggi, Kamis (19/5/2022).

Air laut pun naik hingga menggenangi badan jalan menuju tempat berlabuhnya kapal dan perahu di PPP Mayangan. Petugas pun mengimbau, para nelayan tetap waspada saat melaut.

Pantauan PANTURA7.com, air laur mulai naik hingga membanjiri area PPP Mayangan sejak sekitar pukul 12.00. Akibatnya, jalan yang menuju tempat parkir, hingga tempat warga berkumpul digenangi air laut.

Tak hanya itu, banjir rob yang menerjang pelabuhan juga disertai gelombang tinggi dan angin kencang. Sehingga, banjir rob yang terjadi seperti badai yang melanda.

“Banjir rob yang menerjang Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan ini baru kali ini terbesar. Sebelumnya, jika air laut pasang tidak sampai naik ke area jalan, akibatnya pekerjaan memperbaiki kapal terganggu,” ujar salah satu pekerja kapal, Holil.

Fenomena alam ini juga membuat kapal perahu hingga kapal pencari ikan terlihat seperti terhantam gelombang tinggi.

Sementara terkait banjir rob ini, anggota Pos Kamladu Mayangan, Kopda Yasien Latif mengatakan, dengan adanya banjir rob, masyarakat pesisir pantai diharapkan waspada dan hati-hati.

“Meskipun belum ada laporan dampaknya terhadap nelayan, namun kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait agar nelayan dapat selalu memberikan imbauan untuk berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan di laut,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Diprediksi Bisa Tekan Inflasi, BPBD Bekali Pelatihan bagi UMKM

Baca Juga

Aves, Hewan Vertebrata yang Kini Diusulkan jadi Ikon TWSL Kota Probolingggo 

Probolinggo,- Sejak dirintis 2006 silam oleh Wali Kota HM. Buchori, Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) …