Sempat Menipis, Stok Darah AB dan B di PMI Kembali Normal

Probolinggo – Stok darah golongan B dan AB di PMI Kota Probolinggo menipis. Menipisnya dua golongan darah ini selain banyaknya permintaan, juga karena pengaruh libur panjang lantaran pendonor masih belum melakukan donor darah.

Diketahui dari data PMI Kota Probolinggo kemarin, golongan darah yang stoknya menipis yakni, AB berjumlah 2 kantong dan B berjumlah 7 kantong. Menipisnya stok darah tersebut lantaran permintaan kedua golongan tersebut meningkat.

“Selain itu para pendonor rutin yang sudah waktunya donor belum melakukan donor darah karena libur, hingga masih kecapekan sehingga mereka belum melakukan donor darah,” ujar Ketua PMI Kota Probolinggo, Mega Guntara.

Agar stok darah tak sampai habis, PMI Kota Probolinggo menginformasikan kepada para pendonor yang memiliki golongan darah B dan AB agar segera donor.

Dan pasca adanya informasi tersebut, Senin malam, PMI Kota Probolinggo mulai dibanjiri pendonor darah dengan golongan B dan AB. Dan dampak dari banyaknya pendonor, stok darah golongan B dan AB mulai kembali melimpah.

“Sejak pengumuman tersebut, banyak pendonor yang datang ke PMI, dan jumlah stok darah mulai kembali normal, dan kita sudah dapat menyuplai darah yang membutuhkan,” imbuh Mega.

Sementara, salah satu pendonor, Veven Arizona, mengatakan, selain sudah waktunya donor, ia juga melihat pengumuman stok darah PMI menipis.

“Kebetulan golongan darah saya AB, dan memang saat ini waktunya saya donor darah, dan semoga darah yang daya donorkan berguna untuk orang yang membutuhkan,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Belasan Warga Kota Probolinggo Terjangkit DBD

Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …