Polisi Ungkap Pencurian Dengan Modus Pecah Kaca Truk di Pasuruan

Beji,- Unit Reskrim Polsek Beji, Kabupaten Pasuruan, menangkap seorang pria yang disangkakan sebagai pelaku pencurian dengan modus pecah kaca.

Ia adalah Umar Rahmat (53) warga Desa Darma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang Madura.

Kanitreskrim Polsek Beji, AKP Suparlan mengungatakan, pelaku ditangkap setelah kepergok warga mencuri speedometer truk yang terparkir di pinggir jalan raya Surabaya-Banyuwangi, Sabtu (18/04/2022).

“Pelaku ini tidak sendirian. Dia bersama satu orang rekannya bernama Irwan. Namun rekannya itu berhasil kabur menggunakan sepeda motor ketika dikejar warga,” kata Suparlan, Senin (18/04/2022).

Dijelaskan Suparlan, kedua pelaku ini mencari mangsa dengan berkeliling. Sasarannya adalah truk yang sedang diparkir oleh pengemudi.

Saat berada di Gondanglegi, Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, tersangka mendapati truk tronton yang terparkir di tepi jalan.

Truk tronton bernopol S 7554 UN itu sengaja ditinggal pulang oleh sopirnya, Deni Hariyanto, 34, warga Desa Tompoasri, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo karena truk mogok.Sekitar pukul 10.00 WIB, sopir truk kembali ke lokasi tempat truknya parkir.

Saat tiba di lokasi, korban melihat seorang pria yang tidak dikenal keluar dari kabin truknya dengan membawa spidometer yang dibungkus kresek hitam. Sementara seorang pelaku lain menunggu di sepeda motor yang diparkir samping truk.

“Korban langsung teriak, maling-maling. Mendengar teriakna maling, beberapa warga sekitar mengejar pelaku dan berhasil menangkap pelaku. Tapi teman pelaku berhasil kabur dengan motor,” jelas Suparlan.

Suparlan menambahkan, pelaku memang merupakan spesialis pecah kaca. Dalam sebulan terakhir, pelaku sudah 5 kali beraksi.

Selain di Cangkringmalang Beji, pelaku juga beraksi di sekitar Apollo 1 kali, di depan pabrik PT Wika 2 kali, lalu di depan Soto Jalan Embong Miring Kejapanan 1 kali.

Baca Juga  Wisata Banyubiru Segera Dibuka, PKL Tumpengan

“Pelaku mengaku memecahkan kaca truk menggunakan obeng agar bisa masuk ke dalam kabin. Setelah berhasil memecah kaca dengan obeng, pelaku masuk lalu mencopot speedometer truk. Sementara, rekannya bertugas sebagai joki motor sambil mengawasi keadaan sekitar,” ia memungkasi.(*) 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Selundupkan Sabu-sabu ke Dalam Lapas, Perempuan asal Sidoarjo Diciduk Polisi

Probolinggo,- Wanita asal Sidoarjo, DSR (28) harus berurusan dengan aparat kepolisian setelah tertangkap hendak menyelundupkan …