Jemaah Aboge Senin Hari Ini Mulai Puasa

Probolinggo – Pemerintah telah menetapkan awal puasa pada Minggu (3/4/2022), melalui metode rukyatul hilal. Berbeda dengan pemerintah, jemaah Aboge di tiga Kecamatan di Kabupaten Probolinggo baru melaksanakan ibadah puasa sejak Senin hari ini (4/4/2022).

Salah satu jemaah Aboge berada di Desa Leces, Kecamatan Leces. Seperti jemaah Islam pada umumnya, mengawali puasa, jemaah Aboge ini Minggu malam melaksanakan shalat tarawih perdana, yang dilanjutkan dengan tadarus.

“Berdasarkan kitab Mujarobat, awal puasa hitungannya saat ini yakni Dan, Nam, Ro di mana hari ke-6 dan pasaran ke-2. Jadi jika dihitung 6 hari mulai dari rabu wage, maka awal puasa jatuh pada hari Senin Kliwon,” ujar Tokoh islam Aboge, Kyai Buri Bariyah.

Meskipun berbeda tentang penetapan awal puasa, tidak ada perbedaan selama pelaksanaan shalat tarawih, hingga tadarus, serta shalat 5 waktu seperti muslim pada umumnya.

“Selama pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan tidak ada perbedaan, baik tarawih, hingga tadarus. Selain itu, hingga saat ini jemaah aboge dan islam pada umumnya tetap hidup rukun, berdampingan” imbuhnya.

Sementara, salah satu jamaah aboge, Solihin mengatakan, jemaah Aboge mulai puasa hari Senin, sesuai perhitungan kitab mujarobat. Dan sebelum puasa, mereka melaksanakan shalat tarawih dan tadarus pada Minggu malam.

“Alhamdulillah, awal puasa jemaah Aboge jatuh pada hari Senin, yang diawali dengan shalat tarawih dan tadarus. Meski berbeda, kita tetap hidup berdampingan,” ujarnya.(*) 

Editor: Ikhsan MahmudiP

ublisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Tangkal Musibah, Suku Tengger Bromo Gelar Yadnya Kasada

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …