AKP Nila Krisna, Polwan Pertama yang Jabat Kapolsek di Kab. Probolinggo

Pajarakan,- Kepala Satuan (Kasat) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Probolinggo, AKP Rini Ifo Nila Krisna, mencetak sejarah. Ia jadi Polisi Wanita (Polwan) pertama di wilayah hukum Polres Probolinggo yang menjabat Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek).

Sejarah itu tercetak setelah polwan kelahiran Tulungagung, 14 April 1975 silam itu diambil sumpahnya sebagai Kapolsek Leces oleh Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi dalam serah terima jabatan (Sertijab), Rabu (23/3/22) di halaman Mapolres Probolinggo.

Sebelum menjadi Kasat Binmas, AKP Nila Krisna menjabat sebagai KBO Reskrim Polres Probolinggo. Selain itu, polwan berhijab itu pernah menjadi KBO Narkoba juga di lingkungan Polres Probolinggo.

“Terima kasih semuanya, mohon doa dan dukungannya ya,” kata AKP Nila.

Sebelum menduduki jabatan Kapolsek Leces, jabatan itu diemban oleh AKP Akhmad Gandhi. Kini AKP Ahmad Gandhi menjadi Kapolsek Besuk Polres Probolinggo.

Adapun posisi yang ditinggalkan AKP Nila Krisna, kemudian dijabat oleh mantan Kapolsek Besuk, AKP Taufiq Taufiq Nurhidayat.

Dalam rotasi jabatan lainnya, Kapolsek Sukapura yang semula dijabat AKP Sugeng Hariono kini diganti Iptu Wahyu Sulistiono. Lalu Kapolsek Kotaanyar Iptu Agus Sumarsono diganti AKP Sugeng Hariono, sedangkan Kapolsek Tegalsiwan Iptu Lukman Wahyudi diganti Iptu Wiyono.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, mutasi jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang biasa dengan tujuan sebagai penyegaran guna mencapai tujuan organisasi. Sehingga, pelayanan terhadap masyarakat dapat lebih meningkat.

“Mutasi adalah hal biasa, tour of duty dan tour of area merupakan penyegaran dan peningkatan kapabilitas personil dan organisasi. Mari kita ukir prestasi yang baik dalam rangkaian perjalanan kedinasan kita. Cepatlah beradaptasi untuk kamtibmas di wilayahnya,” papar Arsya.

Baca Juga  Tepat 17 Agustus, Lahir 16 Bayi di Probolinggo

Sejarah dalam mutasi tersebut, lanjut Arsya, tidak hanya jadi ukiran semata, selain banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikerjakan juga sebagai bentuk emansipasi wanita. Bahwa Polwan dan Polri sama-sama berkesempatan dalam karirnya masing-masing.

“Oleh karenanya saya mengajak seluruh Polwan dan Polri untuk semangat dalam berprestasi dan berkarier, sekali lagi selamat dan sukses kepada AKP Rini Ifo Nila Krisna atas jabatan barunya, semoga bisa mengukir sejarah-sejarah baru di wilayah hukum Polres Probolinggo,” pesannya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Kembali Berulah, Residivis Curas Tertangkap Bawa Sajam dan Sabu di Kejayan

Pasuruan,- Residivis kasus pencurian dengan kekerasan (curas), Wagisan (36), kembali berulah. Kali ini, warga Desa …