Banjir Susulan Tidak Bisa Diantisipasi, Warga Diminta Waspada

PAKUNIRAN,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengingatkan warga agar waspada terhadap banjir susulan atau bencana alam lainnya.

Plt Bupati Probolinggo, A. Timbul Prihanjoko memastikan, tidak ada langkah kongkret agar bencana alam tersebut bisa dicegah. Bupati juga meminta pihak kepolisian mengecek dan mencari tahu penyebab banjir bandang.

“Kalau antisipasinya itu tidak ada, karena ini memang bencana alam, tidak bisa dicegah tapi kami sudah minta kepada Kapolres Probolinggo untuk mengecek dan mencari tahu penyebabnya. Agar kita juga bisa melihat secara global banjir ini,” kata Timbul, Rabu (19/1/2022).

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Pakuniran, Imron Rosyadi. Pihaknya sementara hanya meminta kepada warga Desa Gunggungan Kidul, agar lebih meningkatkan kewaspadaannya lagi, mengingat hingga saat ini cuaca ekstrem masih sering terjadi.

“Kemarin saja sempat hujan lebat turun lagi di wilayah Kecamatan Pakuniran, tapi alhamdulilah untuk di Desa Gunggungan Kidul ini masih aman, hanya banjir kecil saja. Jadi sementara, warga di sana lebih waspada saja,” ungkap mantan Camat Tiris ini.

Seperti diketahui, banjir bandang menerjang Desa Gunggungan Kidul, Senin (16/1/22) sekitar pukul 15.00 WIB. Bencana ini mengakibatkan seorang petani meninggal dunia akibat terseret arus, dua jembatan penghubung antar-dusun putus, sebuah warung hancur dan dua tiang listrik roboh.

Sunijar (53) petani asal Dusun Pancor, RT 10 RW 04, Desa Gunggungan Kidulmeninggal dunia saat hendak menyebrangi jembatan. Secara bersamaan jembatan diterjang banjjir hingga putus. Korban terbawa arus hingga 2 kilometer. (*) 

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Ada 65 ODHA di Kota Pribolinggo, Masyarakat Diminta Stop Stigma Negatif

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …