Jelang Nataru, Polres Probolinggo Cek Kesiapan 2 Gereja di Kraksaan

KRAKSAAN,- Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Probolinggo mengecek persiapan dua gereja di Kecamatan Kraksaan yang akan melaksanakan ibadah, Senin (20/12/2021) siang. Pengecekan dilakukan, untuk mengetahui kesiapan fasilitas dua tempat ibadah tersebut.

Dua gereja itu adalah, Gereja Santa Paulus di Kelurahan Sidomukti dan Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di Kelurahan Patokan. Kedua gereja itu dicek untuk kesiapan pelaksanaan ibadah hingga fasilitas penerapan protokol pesehatan (prokes) untuk para jemaatnya.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, pengecekan gereja di Kecamatan Kraksaan itu, juga melibatkan pihak Kodim 0820 Probolinggo dan pihak keamanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, terlebih untuk penerangan prokesnya.

“Alhamdulillah untuk prokes sudah sesuai dan siap, sehingga kegiatan natal bisa dilaksanakan. Sehingga untuk saudara kami yang beragama kristiani bisa beribadah dengan tenang dan untuk kegiatan ini bisa berjalan lancar dan aman,” kata Arsya usai mengecek Gereja Santo Paulus.

Sementara untuk keamanan saat pelaksanaan ibadah, menurut Arsya, pihaknya juga nantinya juga akan melibatkan ratusan personil dari berbagai unsur, selain dari kepolisian dan Kodim 0820 Probolinggo dan Pemkab setempat juga dari unsur masyarakat.

“Kami siapkan dan libatkan kurang lebih sekitar 300 personel gabungan pengamanan dari beberapa unsur, sehingga untuk kegiatan natal dan tahun baru berjalan kondusif dan aman. Jadi untuk kesehatan Prokes sudah siap dan kondusif pengamanan sudah juga,” tutur Arsya.

Sementara itu, Romo Quasyi Farauqi Santo Paulus, Blacius Tira mengatakan, untuk ibadah Natal, nantinya di Gereja Santo Paulus akan menampung sebanyak 150 umat Kristiani dan pelaksanaan ibadah Natal kali ini tidak digelar secara daring (online).

“Protokol kesehatan juga kami perketat, jadi untuk warga yang hendak beribadah harus sudah melaksanakan vaksin dua kali dan keadaannya atau kondisi fisik jasmani dan rohani benar-benar sehat dan ini juga yang kami prioritaskan,” ungkap Romo Blacius Tira.(*) 

Baca Juga  Pengertian Zakat Fitrah dan Syarat-syaratnya

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …