Februari Puncak Hujan, BPBD Antisipasi Genangan

Probolinggo – Memasuki musim penghujan, sejumlah wilayah termsuk Probolinggo mulai diguyur hujan. Meski puncak hujan diprediksi terjadi akhir Desember hingga Februari, BPBD Kota Probolinggo, mewaspadai sejumlah wilayah yang menjadi langganan genangan air.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo mengatakan, saat ini sudah masuk musim hujan. Namun hujan merata di seluruh wilayah Kota Probolinggo diprediksi akan terjadi pertengahan November, dengan diikuti puncak musim hujan pada Februari 2022.

“Untuk mengantisipasi bencana di musim hujan, kami sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait di Kota Probolinggo untuk turut ikut terjun jika terjadi bencana di kota, selain itu, di internal BPBD juga telah dan terus dilakukan pelatihan penanggulangan bencana,” ujar Sugito.

Untuk peta genangan yang terjadi saat hujan mengguyur masih tetap yakni di wilayah Mayangan, Kanigaran, dan Kademangan, dan hal tersebut tetal menjadi atensi pengawasan BPBD Kota Probolinggk jika genangan terjadi.

Selain genangan, BPBD Kota Probolinggo, juga mewaspadai pohon tumbang, saat hujan di sertai angin terjadi, sehingga jika ada pohon tumbang, petugas kita siap melakukan evakuasi pohon tersebut.

“Tak henti-hentinya kita mengimbau kepada warga agar selalu membersihkan selokan dan tidak membuang sampah di sungai. Sehingga jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi tidak terjadi genangan hingga ke pemukiman,” imbuh Sugito. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Longsor di Piket Nol, Jalur Lumajang - Malang Lumpuh

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …