Genjot Target Capaian dengan Lomba Vaksin Antar Dusun

TEGALSIWALAN,– Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo melakukan terobosan inovasi untuk meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19. Salah satunya, menggelar lomba vaksin antar dusun.

Camat Tegalsiwalan, Aat Kardono mengatakan, inovasi itu untuk menopang status Level 2 yang disandang Kabupaten Probolinggo agar tidak turun ke Level 3 pada masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Sesuai dengan arahan capaian vaksin dalam satu minggu ke depan ini harus 50% untuk menopang status Level 2 sehingga tidak turun ke Level 3. Capaian vaksin untuk saat ini masih 37%, jadi masih kurang 13%,” kata Aat, Rabu (22/9/2021).

Oleh karena itu, lanjut Aat, Satgas Covid-19 Kecamatan Tegalsiwalan sepakat mendongkrak perolehan vaksin dengan inovasi yang menarik dengan terobosan yang dikemas dalam lomba vaksin atar dusun untuk memancing ketertarikan warga lainnya.

“Memang wilayah kami di Kecamatan Tegalsiwalan ini boleh dikatakan masih awam pada vaksin, baik karena banyak yang termakan hoax di antaranya takut mati dan lain sebagainya. Pesertanya sebanyak 56 orang antar dusun” jelas Aat.

Untuk menambah semangat warga untuk vaksin, menurut Aat, bagi yang terbaik dengan perolehan terbanyak, untuk juara 1 sudah siapkan hadiah sebesar Rp 1.250.000, lalu juara 2 sebesar Rp 1.000.000 dan juara 3 sebesar Rp 750.000.

“Semuanya sudah ditanggung oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Tegalsiwalan. Sedangkan untuk kepala desa hanya memfasilitasi untuk lomba tingkat dusun tersebut. Launching berada di Desa Malasan Wetan, dari pukul 10.00 sampai 16.00 WIB,” ujar Aat.

Perputaran lomba ini, sambung Aat, akan dilakukan tiga kali per dusun dalam hal ini vaksin 1, 2 dan 3. Untuk jadwal kegiatan vaksin, kata dia, sudah ada di masing-masing dusun di 12 desa se-Kecamatan Tegalsiwalan.

Baca Juga  Covid-19 Tak Terbendung, Pasar pun Disemprot

“Insya-Allah kami yakin ini akan memperoleh hasil yang signifikan, karena kami kerucutkan pada tingkat paling kecil yakni dusun di desa yang nantinya akan tersebar di tingkat RT/RW. Kami merasa bangga kepada masyarakat yang peduli pada capaian vaksin,” katanya. (Adv)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …