Penderita Covid-19 Rawat Mandiri Picu Kematian Meningkat

KRAKSAAN,- Dalam dua pekan terakhir angka kematian penderita Covid-19 di Kabupaten Probolinggo meningkat. Hal ini dikarenakan peningkatan kasus Covid-19 setiap harinya. Bahkan dari 24 kecamatan, hanya tinggal enam daerah yang belum masuk zona merah.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan angka kematian Covid-19 meningkat. Di antaranya, kondisi pasien saat dibawa ke rumah sakit.

“Banyaknya pasien yang tiba di rumah sakit sudah dalam kondisi berat dan kritis serta terlambat dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan. Sehingga risiko kematian menjadi tinggi. Kapasitas tempat tidur di rumah berkurang dan pasien makin banyak,” kata dr. Viro, panggilan akrab dr. Dewi Vironica, Jumat (23/7/2021).

Selain kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan masih sedikit, lanjut dr. Viro, masih adanya penderita atau pasien Covid-19 yang tidak terbuka. Dalam artian, mereka lebih memilih merawat dirinya sendiri dibandingkan dengan pengawasan ketat pihak satgas.

“Masih adanya yang isolasi mandiri di rumah tanpa sepengetahuan satgas, sehingga kesehatan mereka tidak terpantau oleh puskesmas. Mereka tentu tidak tahu kondisi kesehatannya, sehingga tidak terpantau dan tiba-tiba kondisi mereka menurun,” jelasnya.

Peningkatan jumlah kematian di Kabupaten Probolinggo, lanjut dr. Viro harus segera diatasi. Sebab tidak menutup kemungkinan peningkatan jumlah kematian pasien kasus Covid-19 juga bisa mempengaruhi keadaan, kondisi pasien non Covid-19.

“Peningkatan jumlah kematian penderita Covid-19 dapat menyebabkan peningkatan jumlah kematian non Covid-19 juga meningkat. Jadi upaya kami di antaranya testing secara merata dan fasilitas di rumah sakit rujukan serta rumah isolasi,” katanya.

Seperti diketahui, terhitung sejak Kamis (22/7/2021) jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo total 4.893 orang. Di antaranya, 784 masih dirawat, 3.837 dinyatakan sembuh dan 272 meninggal dunia. (*)

Baca Juga  Sakit Perut Akut, Boris Jalani Rawat Inap

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …