Saluran Drainase Sawah Tertutup Material Proyek, Warga Protes

KADEMANGAN,- Warga di sekitar Jl. Flamboyan, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo protes. Penyebabnya, saluran air atau drainase dari sawah menuju sungai tertutup material urug lahan proyek.

Akibat tersumbatnya saluran drainase, saat hujan turun air yang menggenangi sawah akhirnya mengalir ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kelurahan setempat. Alhasil, TPU tersebut tak ubahnya kawasan resapan air.

Ketua RT 03, RW 03 Kelurahan Pilang, Sunar mengatakan, sejak ada pengurukan lahan di Jl. Anggrek, air yang menggenangi sawah milik warga tidak dapat mengalir. Drainase yang sebelumnya ada, tersumbat material uruk untuk pembangunan gedung.

“Sejak ada pengurukan tersebut, air yang menggenagi sawah tidak dapat mengalir sehingga oleh pemilik, sawah tersebut tidak digarap. Selain itu, saat warga menggali makam dengan kedalaman tertentu, air menggenang,” terang Sunar, Rabu (16/6/21).

Kekesalan warga, sambung Sunar, bertambah karena pengurukan lahan dan pembangunan bangunan, tanpa sosialisasi kepada warga sekitar. Parahnya, pelaksana proyek bangunan tidak memasang U Gutter atau saluran air dari beton untuk menyiasati agar air tetap mengalir.

“Pemilik lahannya siapa, tidak saya ketahui lantaran pengerukan tidak ada pemberitahuan. Saya sebagai Ketua RT berharap, pengerukan tidak dilanjutkan sebelum ada drainase sehingga air dari sawah bisa mengalir,” pintanya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Probolinggo, Agus Hartadi berjanji akan mengecek lokasi proyek pembangunan bangunan yang dikeluhkan oleh warga sekitar.

“Jika nantinya terbukti (merugikan warga, red), maka akan kita surati hingga tiga kali peringatan. Namun yang pasti, akan segera kita cek dulu terkait IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)nya,” janji Agus.(*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Lupa Matikan Kompor, Rumah Makan di Pajarakan Nyaris Ludes

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …