Alami Pendangkalan, Sungai di Pasuruan Mulai Dikeruk

BEJI,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan mulai melakukan langkah-langkah antisipasi guna menanggulangi bencana banjir. Salah satunya dengan normalisasi sungai di Kecamatan Beji.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang (PU SDA TR) Kabupaten Pasuruan, Misbah Zunip mengatakan, normalisasi sungai di kawasan itu dilakukan karena hampir setiap tahun banjir kerap melanda beberapa desa di Kecamatan Beji.

“Karena beberapa sungai di sana mengalami pendangkalan. Sehingga pada saat hujan tiba, air meluap ke rumah penduduk,” kata Misbah, Selasa (16/6/21).

Sungai yang dinormalisasi saat ini, sambung Misbah, diantaranya sungai Kedungaron yang berada di Desa Beji hingga Kelurahan Pagak, Kecamatan Beji. Kedua, Kali Kendal di Desa Kedungboto, Kecamatan Beji dan saluran irigasi Sungai Bekacak, Kecamatan Bangil.

“Agar normalisasi bisa lebih maksimal, kami menggunakan eskavavator untuk mengangkat endapan lumpur dan sampah yang menumpuk di sepanjang sungai,” bebernya menambahkan.

Normalisasi sungai ini, klaim Misbah, sudah berjalan sejak sepekan lalu. Untuk panjang penanganan di masing-masing sungai bervariatif, tergantung kesiapan anggaran yang tersedia.

“Seperti pengerukan di Kali Kendal, rencananya dikeruk sepanjang 1 kilometer. Lebar sungainya dinormalkan menjadi 5 meter. Sungai ini memang berada di perbatasan Desa Kedungboto dan Glanggang,” ujarnya.

Tujuan dari normalisasi sungai ini, dijelaskan dia, untuk mengembalikan fungsi jaringan irigasi. Karena saluran irigasi ke persawahan warga sangat penting selain demi mencegah terjadinya banjir musiman.

“Sebab, sawah mereka sulit memperoleh air melalui saluran irigasi saat memasuki musim kemarau seperti sekarang,” tandas Misbah.(*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Polisi Sita Mobil dan Motor Milik Terduga Teroris

Baca Juga

Memasak Sambil Isi Bensin, Perempuan di Maron Tewas Terbakar

MARON,- Musmiati (50), ibu rumah tangga (IRT) asal Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo …