Dampak Banjir Rob, Mulai Dilakukan Perbaikan Sementara

PAITON,- Sepanjang 7 meter tembok gudang milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo di Dusun Pesisir, Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton roboh diterjang banjir rob, Kamis (27/5/2021) kemarin.

“Kalau kemarin yang roboh 7 meter, kalau yang 23 meter itu sudah roboh sejak 4 bulan yang lalu. Jadi, ada sekitar 30 meter tembok yang rusak sekarang,” kata Kepala Gudang, Suhari, Jumat (28/5/2021).

Dengan kondisi tersebut, lanjut dia, pihaknya dan pekerja lainnya berinisiatif melakukan perbaikan sementara, menggunakan karung yang diisi dengan pasir. Kemudian karung-karung tersebut ditempatkan di belakang tembok gudang yang masih tersisa.

“Karena banjir rob akan terjadi lagi, makanya kami amankan dulu tembok yang ada. Biar yang roboh tidak semakin panjang, sambil lalu menunggu pihak dari Dinas Perikanan (Diskan) sebagai pengelolanya,” ujar Suhari.

Terpisah, hal senada juga disampaikan Ketua Kelompok Petani Garam Desa Kalibuntu, Suparyono. Dirinya berharap ada tindakan yang lebih signifikan dari pemerintah terkait banjir rob, semisal pembangunan tanggul lebih tinggi.

“Sebenarnya kalau di Desa Kalibuntu sudah dibangun tanggul oleh pemerintah, tapi tetap saja. Kami sendiri bukan memaksa untuk pembangunan lagi, melainkan jika ada program pembangunan tanggul, kami harap lebih bagus lagi,” katanya.

Sekadar informasi, banjir rob terjadi pasca gerhana bulan di beberapa daerah pesisir di Kabupaten Probolinggo. Selain di Kecamatan Paiton, terparah juga terjadi di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan yang sampai mengancam 20 hektare tambak garam.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Catat! Parkir di Depan Pemkot Probolinggo Kini Dilarang

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …