Selama Bulan Puasa, Ratusan Wanita Jadi Janda

KRAKSAAN,- Sepanjang bulan puasa, ada ratusan orang resmi bercerai melalui Pengadilan Agama (PA) Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Bahkan dalam sebulan terakhir, PA telah menyidangkan 201 perkara cerai, dengan jumlah yang sudah diputus mencapai 186 perkara.

Panitera Muda Hukum PA, Kabupaten Probolinggo, Syafiudin mengatakan, angka putus perceraian tersebut berasal dari 72 perkara yang suaminya mengajukan cerai talak (CT). Sedangkan 114 lainnya, merupakan perkara cerai gugat (CG).

“Tetap yang masih dominan itu perkara cerai gugatnya dibandingkan cerai talak, tapi jika itu dihitung selama bulan puasa berlangsung. Jadi dari perkara itu yang sudah diputus lumayan banyak dari total keseluruhan,” kata Syafiudin, Rabu (5/5/2021).

Sedangkan faktor penyebab perceraian, lanjut Syafiudin, terhitung sejak pandemi Covid-19 melanda, masih tetap didominasi keadaan ekonomi. Bahkan, 141 dari jumlah perkara cerai tersebut didominasi oleh faktor perekonomian.

“Semenjak adanya Covid-19 ini memang faktor ekonomi yang banyak, justru saat ini yang KDRT (kekerasan dalam Rumah Tangga, Red.) hanya dua perkara. Karena sudah bukan rahasia umum banyak yang terdampak sekarang,” tutur Syafiudin.

Meski begitu, ia tetap bersyukur, karena dari ratusan kasus tersebut tidak ada lagi kasus perceraian yang disebabkan oleh faktor perzinaan atau perselingkuhan. Termasuk juga tidak ada yang mengajukan cerai karena pasangannya sering mabuk atau berjudi.

“Kebanyakan yang berperkara memang masih dari daerah pedesaan. Tapi mungkin karena Ramadhan yang begitu-begitu (zina, mabuk, dan judi, red) orangnya sudah dapat hidayah,” tutup pria keluarga Kabupaten Situbondo ini.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Turun Jalan, Mahasiswa Probolinggo Desak Jokowi Keluarkan Perppu Anti Terorisme

Baca Juga

Usai Lahar Hujan, Kini Gunung Semeru Muntahkan Material Vulkanik Hampir Satu Kilometer

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi dengan melontarkan abu vulkanik hingga 1 kilometer …