Vaksinisasi Covid-19 Saat Berpuasa Dijamin Aman

KRAKSAAN, Sosialisasi dan vaksinisasi Covid-19 di bulan puasa terus digalakkan. Salah satunya, penyuntikan vaksin dinilai tidak membahayakan dan tidak akan menimbulkan efek samping bagi warga yang berpuasa.

Juru bicara (Jubir) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, penyuntikan vaksin tidak tergantung pada kondisi lambung dalam keadaan terisi atau kosong karena menjalankan ibadah puasa.

“Hanya saja, sebelum penyuntikan memang disarankan makan dulu, karena saat posisi lambung terisi, maka dapat membuat tubuh seseorang lebih rileks dan lebih tenang. Tapi kalau puasa tidak juga jadi masalah,” kata dr. Viro, panggilan akrab dr. Dewi Vironica, Selasa (13/4/2021)

Sebelumnya, menurut dr. Viro, memang dalam praktik vaksinisasi tak sedikit orang yang setelah disuntik vaksin mengalami beberapa efek. Mulai mengantuk luar biasa, hingga perut terasa lapar, sehingga ingin segera makan.

“Jadi ketika disuntik vaksin pada saat berpuasa itu tidak masalah, hanya saja, efek samping lapar ini yang perlu diwaspadai. Jika orangnya kuat menahan lapar, maka puasanya tetap akan berlanjut sampai tiba waktu buka puasa,” tutur dr. Viro.

Namun, sambung dia, jika memang setelah disuntik vaksin malah membuat daya tahan tubuh drop atau tidak kuat karena kurangnya nutrisi makanan yang masuk. Maka, dianjurkan membatalkan puasanya, tapi tidak harus langsung makan berlebihan.

“Beberapa orang banyak begitu, jadi kalau ingin divaksin saat menjalani puasa, harus diperkirakan kuat atau tidak. Tapi jika memang tidak kuat setelah divaksin, ya batalkan saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap perempuan kelahiran Balikpapan, Kaltim ini. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Kini, Pelabuhan Disemprot Cegah Virus Corona

Baca Juga

TPA dan TPS di Probolinggo Tak Kelola Sampah Medis

KRAKSAAN, Meski vaksinisasi masih terus dilakukan sampai saat ini, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten …