Waspadalah! 3 Jenis Banjir Ancam Probolinggo

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyatakan, ada tiga jenis banjir yang mengancam Probolinggo pada musim hujan kali ini. Hal itu mengingat turunnya hujan dengan intensitas sedang-tinggi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD KabupatenProbolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, ada tiga jenis banjir yang mengancam wilayah Probolinggo dan harus diwaspadai. Yakni, banjir genangan, banjir bandang, dan banjir rob.

Dikatakan Anggit, biasanya banjir rob atau luapan air laut ke permukaan terjadi di daerah pesisir, seperti Kecamatan Kraksaan, Pajarakan, dan Paiton. Untuk banjir genangan, biasanya terjadi di Kecamatan Tongas, Dringu, dan Gending.

“Sementara untuk banjir bandang, biasanya terjadi di Kecamatan Dringu, Gending, Kraksaan, Krejengan, Pakuniran, dan Tiris dan yang harus diantisipasi itu wilayah pegunungan,” ungkap Anggit, Minggu (24/1/2021).

Anggit mengatakan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan banjir. Salah satunya intensitas hujan yang tinggi. Sehingga menyebabkan adanya luapan air sungai atau kali ke permukaan.

Oleh karenanya, ia berharap, sebelum banjir melanda warga dapat menjaga lingkungannya masing-masing. Selain menjaga drainase air, hal lainnya yang bisa dilakukan adalah menjaga kelestarian lingkungan.

“Kelestarian lingkungan sangat berperan penting agar daya serap air bisa bagus. Meskipun saat ini curah hujan ada pada level rendah sampai sedang, tapi kan tidak ada salahnya menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Anggit. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Kasus Covid-19 Melonjak, Pasar Tugu Ditutup

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …