Jadi Pengangguran, Buruh Pabrik Kayu Geruduk Kantor Dewan

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Ratusan buruh pabrik pengolahan kayu PT. Mandiri Jaya Sukses (MJS) Indo yang berada di Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, melurug Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat Kamis (17/12/2020).

Dengan mengendarai motor sembari membawa poster kecaman, massa melayangkan protes atas manuver wakil rakyat itu, Rabu (25/11/2020) lalu. Langkah dewan saat kunjungan kerja (kunker) itu dinilai menjadi penyebab utama pabrik tempat mereka mencari nafkah tutup.

Korlap Aksi, Tommy Angga Widiatmoko menjelaskan, aksi massa ini dipelopori oleh buruh lantaran karena geram dengan tindakan dewan yang menyebut kinerja PT. MJS banyak kecurangan.

“Mereka bilang bahwa pabrik kita adalah pabrik nakal dan ilegal. Padahal secara ijin sudah terpenuhi semuanya, sehingga statement tersebut membuat pabrik tersinggung kemudian menutup pabrik,” kata Tommy usai aksi.

Oleh karena itu, lanjutnya, mereka menuntut anggota dewan yang melaksanakan kunker ke pabrik menyampaikan permintaan maaf dan memberikan klarifikasi secara terbuka. Dengan begitu, ia berharap permasalahan lekas selesai.

“Karena dengan penutupan ini, ada 400 karyawan PT. MJS Indonesia ini yang kehilangan pekerjaan. Kami menganggur di tengah pandemi seperti ini, kalau bapak-bapak dewan tetap enak masih dapat gaji,” kecam Tommy.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya masih belum bisa menindaklanjuti tuntutan massa. Namun, ia berjanji akan membawa keluhan buruh itu ke meja pimpinan.

“Untuk memberikan statement langsung sekarang, mohon maaf kami tidak bisa. Karena sesuai regulasi, di sini harus tersampaikan lebih dahulu dan dibahas di meja pimpinan,” tandas politisi PKB ini. (*)


Editor: Efendi Muhamad
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga  Pantai Bohay Melejit Ditengah Pandemi, Apa Rahasianya?

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …