Terus Berulang, Kebakaran Lahan Gambut Terjadi di Kota Pasuruan

GADINGREJO-PANTURA7.com, Bencana kebakaran lahan kosong terus terjadi di Kota Pasuruan. Hari ini, Senin, (26/10/20) sekitar pukul 10.15 WIB kebakaran yang melalap rumput ilalang terjadi di Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo.

Awal terjadinya kebakaran lahan kosong tersebut diketahui oleh warga setempat setelah kepulan asap dari lahan yang penuh rumput ilalang menggumpal. Sontak, warga melapor ke kepolisian setempat.

“Selanjutnya anggota menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan dan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP),” kata Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pasuruan, Muhammad Murtadho membenarkan kejadian tersebut.

“Ya, terjadi kebakaran rumput ilalang di daerah Kecamatan Panggungrejo,” papar Murtadho.

Ia menjelaskan, pihaknya mengirimkan 2 unit mobil PMK dengan anggota 8 orang untuk memadamkan api agar si jago merah tidak merambat lebih luas.

Untuk kerugian atas bencana tersebut, papar Murtadho, belum dapat dipastikan, mengingat pemilik lahan kosong yang terbakar belum diketahui. Hanya saj, lahan yang terbakar seluas 25 × 50 meter persegi.

Diakuinya, kebakaran lahan kosong di Kota Pasuruan terus terjadi, hal ini terjadi karena ulah masyarakat (human error) yang sering membakar sampah dan membuang putung rokok sembarangan.

“Ditambah cuaca yang begitu panas dan anginnya juga bertiup kencang,” pungkas Murtadho. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pilkada Pasuruan, Pesan Gus Idris; Beda Pilihan Boleh, Pecah Jangan

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …