Akurasi Rapid Test Rendah, Pemkab Probolinggo Masifkan Tes SWAB.

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Belakangan ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo tak hanya melakukan repid test massal. Namun juga memasifkan pemeriksaan SWAB kepada warga. Namun, SWAB hanya dilakukan pada ODP (Orang Dalam Pantauan) dan PDP (Pasien dalam Pengawasan) saja.

Hal itu disampaikan Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, dua hari lalu. Memasifkan deteksi Covid-19 menurut Tantri, agar penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 tidak terlalu bergantung pada rapid test saja.

“Tujuannya untuk mempercepat penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Sebab, hasil rapid test tidak bisa dijadikan tolak ukur pertama dalam pengentasan wabah menular tersebut,” kata Tantri,

Lanjut Tantri, dengan adanya swab tersebut bukan berarti pihaknya menghentikan rapid test massal yang sudah berlangsung. Hasil rapid tetap digunakan sebagai acuan dari penyempurnaam data. Namun, status akhir akan diambil dari hasil swab.

“SWAB PCR itu akan kami lakukan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Sebenarnya itu sudah dimulai sepekan yang lalu, karena hasil rapid test akurasinya rendah dan untuk menghindari eror seperti itu,” jelasnya.

Akan tetapi, sambung Bupati 2 periode ini, pemeriksaan test swab itu hanya dilakukan pada OPD dan PDPD saja. Tidak untuk umum layaknya rapid test massal. Tujuannya, demi mempercepat penanganan pasien.

“Terlebih lagi, hasil swab itu juga bisa mempermudah pemetaan pasien yang terjangkit, sehingga bisa lebih cepat melakukan tracing pada lingkungan pasien positif dan juga bisa mempercepat hasil pemeriksaan diagonasa pasien,” ungkap dia.

Sekedar informasi, saat ini pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo mencapai 172 orang, dengan rincian 36 pasien masih dalam perawatan, 130 pasien sembuh dan 6 pasien meninggal dunia. Sementara untuk ODP sebanyak 14 orang dan PDP 6 orang. (*)

Baca Juga  KH. Miftachul Akhyar Mundur dari MUI, Kiai Mutawakkil; Masih Diperlukan Umat


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …