Kampung Tangguh Sukokerto Sumbang Pasien Covid-19

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Warga yang positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Probolinggo kembali bertambah. Hari ini, ada 2 pasien baru sehingga jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo menjadi 126 orang.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan, 2 pasien baru Covid-19 ini berasal dari Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan dan Desa Tamansari, Kecamatan Dringu.

Dikatakan dr. Anang, mereka awalnya pasien PDP yang statusnya naik setelah dinyatakan positif Covid-19. Kondisinya kedua pasien ini, jelasnya, sudah dalam kondisi stabil.

“Sebelumnya mereka ini sakit dan dirawat di rumah sakit. Tetapi saat ini, kondisi keduanya sudah membaik. Meraka masuk dalam Klaster Pelangi,” kata dr. Anang, Sabtu (20/6/2020).

Menurut dr. Anang, pasien ini awalnya dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Wonolangan Dringu. Saat masuk ke rumah sakit, ia tercatat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari desa yang diplot sebagai desa tangguh Covid-19, Desa Sukokerto.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya keluar hari ini, dinyatakan positif Covid-19 oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP Surabaya,” terangnya.

Sementara pasien yang berasal dari Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, imbuhnya, memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya. Sebelumnya, pasien tersebut juga bersatus PDP pasca dirawat di RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo.

“Alamat sesuai dengan KTP sebenarnya berasal dari Kota Probolinggo. Tetapi ternyata dia berdomisili di Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, maka dari itu dia masuk dalam data Kabupaten Probolinggo,” tandasnya.

Dengan tambahan 2 pasien baru ini, maka saat ini jumlah warga Kabupaten Probolinggo yang terpapar Covid-19 sebanyak 126 orang. Meski demikian, hanya 10 orang saja yang masih menjalani perawatan.

Baca Juga  Air Terjun Guyangan Kembali Telan Korban, Pemkab Minta Pengunjung Patuhi Aturan

Adapun sebanyak 113 pasien dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia. Sementara jumlah PDP saat ini 70 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 492. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …