Halangi PJU, Pepohonan di Jalan Protokol Dikepras

MAYANGAN-PANTURA7.com. Pengendara yang melewati sejumlah jalan protocol di Kota Probolinggo di malam hari mengeluhkan kurang terangnya sorot lampu penerangan jalan umum (PJU). Pemicunya, banyak PJU yang tersembungi di antara rindangnya pepohonan di jalur hijau sehingga sinarnya terhalang.

Di antara PJU yang terhalang pepohonan itu terlihat di Jalan Hayam Wuruk, Jalan Panglima Sudirman (Wiroborang).

Terkait hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa mengungkapkan, sebelumnya memang sempat mendapat laporan dari masyarakat terkait kurang maksimalnya PJU yang ada.

“Lampu PJU kalau tertutupi daun pohon kan tidak maksimal. Jalannya jadi gelap, sehingga kita lakukan pemotongan, untuk membuat PJU-nya bisa maksimal penerangannya,” ungkapnya, Minggu (7/6/2020).

Lanjut Deta, panggilan akrab Rachmadeta Antariksa, terkait pemangkasan pohon, memang semestinya menjadi tanggung jawab Dinas Perkim. Namun karena mungkin belum tertanggani, sehingga kami melakukan pemangkasan.

“Koordinasi pasti, karena kita satu lingkup, tapi untuk pokok bidangnya beda,” beber pria yang pernah menjabat Kepala BKPSDM.

Untuk pemangkasan, tentunya tak sembarang dilakukan oleh petugas. Petugas hanya memangkas ranting-ranting pohon yang menganggu lampu PJU tanpa merusak, apalagi sampai menebang pohon tersebut.

“Pemangkasan tersebut kan juga sebagai perawatan terhadap pohon, jadi nggak sembarangan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR, Agus Hartadi mengungkapkan, sudah berkordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup. “Semua itu dilakukan untuk menjawab keluhan masyarakat yang meminta adanya pemangkasan pohon terkait penerangan jalan,” terangnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Pemkot Probolinggo Hibahkan 31 Motor ke Polres Probolinggo Kota

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …