Musim Hujan, Harga Buah Naga Anjlok

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Harga buah naga jenis mawar merah merosot drastis. Selain karena kualitasnya tak cukup baik saat musim hujan, juga karena banyak petani buah naga panen raya.

Harga buah dengan pohon layaknya kaktus tersebut, saat ini sekitar Rp. 5 ribu per kilogram. Dengan modal Rp 10 ribu saja, pembeli bisa mendapatkan 2 kilogram buah naga di toko buah wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Awalnya cuma nanya-nanya harganya, ternyata murah banget, akhirnya langsung beli. Dua kilogram yang ukuran kecil hanya Rp 10 ribu,” kata Amelia Hafsawaty, salah satu pembeli asal Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan.

Merosotnya harga buah yang disebut memiliki khasiat mencegah kanker ini, dikatakan oleh Iswah Yudi (44) pedagang buah naga asal Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, salah satu faktornya karena musim panen. Dampaknya, stok buah naga melimpah.

“Hanya dengan Rp 10 ribu saja, bisa mendapat 2 kilogram buah baga ukuran besar. Kalau ukaran sedang bisa 3 kilogram dan bisa mencapai 4 kilogram jika buah naga berukuran kecil,” tuturnya.

Sementara itu, Sucipto (28) pemilik kebun buah naga menyebut, jika tidak sedang panen raya maka harga buah naga sangat menggiurkan. Bahkan menurutnya, harga jual buah naga bisa menyamai harga tembakau.

“Kalau tidak panen raya, harganya per kilogram bisa mencapai Rp 30 ribu. Jika saat ini harganya merosot ya karena stoknya banyak, salah satu panen terbesar ada di Banyuwangi,” tuturnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Bebas Denda Pajak Kendaraan di Jatim hingga Akhir Juli

Baca Juga

Waspada! Ini Jalur Rawan Laka dan Kriminal Sepanjang Tongas hingga Kota  Probolinggo

Probolinggo,- Untuk mengantisipasi tindak kejahatan maupun kemacetan saat lebaran, Polres Probolinggo Kota mendirikan empat pos …