BESUK-PANTURA7.com, Hujan lebat yang terjadi pada Senin (13/1/2020) malam, membuat tembok penahan tebing (TPT) di Desa Sindet Lami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo ambrol. Selaij faktor hujan, diduga ambrolnya tembok karena saluran air tersumbat sampah.

Pantauan PANTURA7.com, TPT ambrol yang berasa di Dusun Nangger tersebut berketinggian 4 meter dengan panjang sekitar 6 meter. TPT yang ambrol memakan bahu jalan desa sehingga akses jalan tak selebar biasanya.

“Tadi malam ambrolnya, setelah di daerah sini hujan deras. Mungkin karena tembok tidak kokoh dan hujannya lebat, selain itu saya lihat banyak sampah yang menyumbat saluran air,” kata warga sekitar, Syamsudin, Selasa (14/1/2020).

Agar tak membahayakan para pengguna jalan, warga sekitar kemudian membuat pembatas dari bambu. Sebab jika warga, khususnya pengguna jalan terjatuh, dapat menimbulkan cedera hingga membahakan nyawa.

“Jalan ini menghubungkan warga Dusun Nangger dengan jalan utama menuju Besuk dan Bago,” ujar Syamsuddin.

Diketahui, TPT yang dibangun menggunakan dana desa (DD) itu dibangun pada 2019 lalu dengan panjang sekitar 150 meter. Proyek pembangunan menelan anggaran DD sekitar Rp 50 juta.

“Dulu jalannnya sempit, makanya kita bangun TPT. Ini faktor alam, hujan lebat dan aliran air dari sawah menjadi satu ke arah ini. Disana memang ada saluran air tapi tersumbat sehingga TPT ini ambrol,” tandas Kepala Desa Sindet Lami, Sudaipi. (*)


Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT