Kades Terpilih Kedawung Meninggal Jelang Dilantik

KURIPAN-PANTURA7.com, Diduga karena sakit, Kepala Desa (Kades) Kedawung, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo terpilih, Sunardi, meninggal dunia. Sunardi meninggal 4 hari sebelum dilantik sebagai kades.

Kapolsek Kuripan, AKP. Kusmidi menjelaskan, Sunardi meninggal di rumahnya pada Kamis (12/12/2019) sekitar pukul 21.10 WIB. Jasad Sunardi lantas dikebumikan pada Jum’at pagi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat.

“Tiga hari yang lalu sempat bertemu saya di rumahnya, membahas pelantikan pada Senin nanti. Sempat ketawa dan bercanda dengan saya,” kata AKP kusmidi, Jumat (13/12).

Diketahui, Sukardi maju dalam Pilkades Kedawung, Kecamatan Kuripan, pada 11 November lalu. Ia bersaing dengan seorang kontestan yang juga ikut pilkades yakni Salemuddin.

Dalam prosesnya, Sunardi menjadi pemenang dengan 2.313 suara. Sedangkan Salemuddin dengan nomor urut 1 hanya memperoleh 1.700 suara. Dengan hasik itu, Sunardi menjadi kades terpilih yang berhak dilantik.

Sementara, Pemkab Probolinggo berencana melaksanakan pelantikan 12 Kades terpilih, salah satunya Sunardi pada Senin (16/12) nanti. Pengambilan sumpah jabatan akan dilakukan di Pendapa Bupati Probolinggo, di Jalan Ahmad Yani Kota Probolinggo.

Dengan meninggalnya Sunardi, Pemkab Probolinggo harus mengambil langkah cepat. Salah satunya menyiapkan pejabat (Pj) sementara untuk mengisi kekosongan jabatan Kades. Sebab, pelaksanaan pilkades ulang di Desa Kedawung dinilai tidak memungkinkan dalam waktu dekat.

“Akan kami tunjuk Pj, agar roda pemerintahan di Desa Kedawung tetap berjalan. Pilkades ulang tidak bisa dilakukan pada tahun ini, namun akan diagendakan pada tahun-tahun berikutnya,” jelas Syamsul Huda, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Banjir Lahar Hujan Semeru, Jembatan Penghubung 2 Desa Putus

Baca Juga

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, 8 Jembatan Rusak, Warga Kembali Dievakuasi

Lumajang,- Sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumberurip, Kecamatan Prononjiwo …