Berbahaya! Jalur Wisata Bromo Longsor

SUKAPURA-PANTURA7.com, Warga dan para wisatawan yang akan melintasi jalur menuju Gunung Bromo via Kabupaten Probolinggo, kini harus lebih berhati-hati.

Sebab, berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Probolinggo, terjadi tanah longsor di jalan menuju wisata Gunung Bromo.

Titik longsor tepatnya berada di jalan raya Desa Sapi Kerep, Kecamatan Sukapura. Longsor berada pada koordinat -7,91358, 113,03242, 1273,9m, 266°, dengan longsoran mencapai panjang 17 meter dan tinggi 10 meter.

Kejadian itu dilaporkan terjadi Kamis (5/12) sekitar pukul 16.00 WIB. Pasca kejadian, petugas BPBD memasang garis kuning (Yellow Line) di sekitar area longsoran. Sebelumnya, warga sekitar juga memasang tanda pembatas agar pengguna jalan menghindari area longsoran.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, menyebut pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat untuk rencana tindaklanjut.

“Titik longsor terletak pada pekerjaan plengsengan yang baru selesai dikerjakan. Jadi jika masih dalam masa pemeliharaan, maka perbaikannya merupakan tanggung jawab kontraktor,” jelas Anggit, Jum’at (6/12).

Lanjut Anggit, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, badan jalan menuju kawasan wisata ambles sehingga dapat membahayakan pengguna jalan yang hendak melintas.

“Kami imbau kepada masyarakat dan wisatawan yang hendak melalui jalur tersebut, agar lebih berhat- hati dan waspada,” imbau Anggit. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Sejumlah Sungai di Probolinggo Alami Pendangkalan

Baca Juga

Mandi di Sungai, Bocah di Purwosari Pasuruan Ditemukan tak Bernyawa

Pasuruan,- Bocah berusia 7 tahun, D-E-R-K, ditemukan meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Babatan, …