Sepekan Terperangkap Kanal, Hiu Paus Stres

PROBOLINGGO-PANTURA7 com, Sepekan berlalu, hiu paus tutul yang terjebak dalam kanal air Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Kabupaten Probolinggo akhirnya stres. Selain itu, secara fisik tubuh biota laut itu kian lemah.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati – KLHK, Indra Exploitasia menjelaskan, perubahan hiu paus berukuran kurang lebih 4 meter terlihat sejak 3 hari terakhir. Ukuran kanal dan minimnya ketersediaan pakan di kanal diduga jadi penyebabnya.

“Hewan itu hanya bergerak di satu lokasi yang baginya sempit. Berbeda kalau berada di lautan lepas. Hiunya hanya bergerak maju mundur saja selama berada di kanal,” kata Indra, Rabu (18/9).

Selain tidak bisa melakukan banyak aktivitas, biota laut itu jelas Indra, tak bisa berkumpul dengan koloninya. “Kemungkinan hiu paus itu lelah. Dari kelelahan itu muncullah depresi,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Ketua I Tim Evakuasi Rescue Whale Shark, Letkol. (Inf) Imam Wibowo. Menurutnya, dari observasi yang dilakukan tim diketahui bahwa hiu kondisinya mulai lemah. Namun katanya, ia masih dapat bertahan hidup selama beberapa hari kedepan.

“Kondisi kesehatan hiu paus sekitar 75 persen sehat. Tidak ada luka sama sekali, baik ditubuh atau di bagian sirip hiunya,” jelas Dandim 0820 Probolinggo ini.

Diketahui sebelumnya, hiu paus terjebak dalam kanal air PLTU Paiton sejak Kamis (12/9) lalu. Tim Evakuasi Rescue Whale Shark tengah bekerja keras untuk mengeluarkan hiu dari saluran kanal. Hasilnya, hiu yang semula berada di inlate kanal 7, kini sudah bergeser di inlate kanal 2. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Bayi Singa Putih di Taman Safari Prigen Lahir Ditengah Pandemi Covid-19

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …