Kota Probolinggo Jadi Hub Wisata di Jawa Timur

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kota Probolinggo menjadi tuan rumah rapat koordinasi peningkatan sarana dan prasarana transportasi dan kerjasama pengembangan pariwisata antar daerah, di wilayah kerja Bakorwil (badan koordinasi wilayah pemerintahan dan pembangunan) V Jember. Rakor di gelar di gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, Jum’at (12/4/2019).

Rakor tersebut merupakan salah satu perwujudan kegiatan program kewilayahan yang akan ditetapkan oleh Provinsi Jawa Timur. Di mana akan ada sinergitas agenda wisata bersama antar kabupaten/kota wilayah Probolinggo dan sekitarnya dengan Madura.

“Sejalan dengan arahan Pemerintah Pusat terkait dengan pengembangan potensi sepuluh Bali baru Indonesia. Probolinggo menjadi salah satu daerah yang secara geografis memiliki potensi sebagai hub atau penghubung, yang mempermudah akses untuk saling melintas antar daerah,” jelas Wakil Wali Kota Probolinggo M Soufis Subri.

Sebagau hub wisata, lanjut Subri, Kota Probolinggo memiliki potensi dermaga atau laut yang bisa menerima kapal pesiar sampai kedalaman 16 meter. Dengan ini akan membantu percepatan pertumbuhan ekonomi di sekitar wilayah Probolinggo. “Kami siap menjadi hub dan singapura kecilnya Indonesia,” pungkasnya.

Tak hanya Wawali yang menyampaikan beberapa paparannya, namun Kepala Bakorwil V Jember, Kepala Seksi Destinasi Wisata Provinsi Jatim dan Kepala Dinas Perhubungan juga turut memaparkan terkait pengembangan pariwisata tersebut.

Di akhir acara Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo, yang memoderatori rakor tersebut menyampaikan hasil rapat yang selanjutnya akan direkomendasikan berupa usulan yang akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur, Wali Kota Probolinggo dan Bupati Probolinggo.

Beberapa rekomendasinya yakni, untuk pengembangan fasilitasi angkutan laut antara pelabuhan Probolinggo menuju Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep diperlukan kendaraan angkutan laut untuk penumpang dan jalur secara rutin.

Baca Juga  Cegah Penyebaran PMK Dengan Potong Paksa Hingga Tutorial Penanganan

Adanya perbaikan dermaga agar bisa disinggahi kapal angkutan orang dan barang dengan pembayaran APBD Kab/Kota, Provinsi dan APBN. Dengn begitu, geliat wisata kian tumbuh dan berkembang.

Juga, untuk meningkatkan kunjungan wisata dan pengembangan potensi kepariwisataan di daerah Probolinggo sekitarnya (Bromo-Ijen) dengan potensi wisata di Pulau Madura diperlukan Kerjasama intensif antara Kab/Kota dengan membuat jadwal agenda kunjungan wisata. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Sempat Mandek, Pembangunan Gedung Inspektorat Kota Probolinggo Bakal Dilanjutkan

Probolinggo,- Pembangunan gedung Inspektorat Kota Probolinggo yang sempat mandek pada tahun 2023 lalu, akan kembali …